Jump to content
petikemas

Kuliner Khas Daerah

Recommended Posts

Selamat Pagi Menjelang Siang Salam Bahagia Selalu

Indonesia negara yang terdiri dari banyak sekali suku dan adat istiadat yang berbeda sehingga menghasilkan sebuah kebiasaan yang berbeda pula terlebih dalam hal mengolah makanan sehingga melahirkan cita rasa dan kekhasan tersendiri dari masing-masing daerah, tapi saya tidak akan menyebutkan semuanya satu persatu disini saya akan fokus tentang masakan khas yang ada didaerah saya sendiri kemudian saya ingin tahu juga didaerah kalian apa saja makanan tersebut.

Ada 2 jenis masakan yang paling umum didaerah saya

1. Nasi Sodu

makanan ini berasal dari daerah ujung timur Kabupaten Situbondo yang berdekatan dengan wilayah Alas Baluran perbatasan Banyuwangi tepatnya di Kecamatan Asembagus, makanan ini sebenarnya sederhana karena terdiri dari Nasi , Kuah Labu Kuning beserta irisan Labunya dan Ikan Cakalang sebagai pelengkap

1025243309_nasisodu.thumb.jpg.86180e8f6a8bf50aaad2f9d50d6e53b0.jpg

2. Nasi Karak

Kalu Jenis makanan ini sedikit yang membedakan hanya pada ditambahkannya parutan kelapa diatas nasi tersebut jadi rasanya komplit selain menambah gurih ada manis2nya juga dari kelapa tersebut

1838928789_nasikarak.thumb.jpg.d12262a4754b92c80db083b0ddd1a8d6.jpg

 

bagaimana dengan daerah kalian?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalau kedua makanan tersebut belum pernah makan. Saya besar dari daerah solo paling yang biasa di makan ada nasi pecel dan nasi sayur tumpang kesukaan saya . 

Tetapi sekarang tinggal tinggal di kota susah mendapatkan nya lagi.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 09/02/2020 at 09:58, arya99 said:

Kalau kedua makanan tersebut belum pernah makan. Saya besar dari daerah solo paling yang biasa di makan ada nasi pecel dan nasi sayur tumpang kesukaan saya . 

Tetapi sekarang tinggal tinggal di kota susah mendapatkan nya lagi.

saya pernah tuh nyobain sambal tumpang, enak loh ada pakisnya juga di dalam sayurannya, rasanya semriwing sepertin mint.

untuk daerah pedesaan memang masih banyak yg menjualnya berbeda di perkotaan makanan seperti itu cukup susah untuk di temukan.

mungkin karena selera warga perkotaan berbeda dengan pedesaan.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalau daerah surabaya kuliner yang biasanya saya makan itu nasi pecel atau rawon setan,karena saya suka makanan pedas.tapi sekarang malah jarang di jumpai nasi pecel yang enak dan murah malah kebanyakan steak😁

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 21/02/2020 at 20:54, cukup2 said:

a3aba2ffe95f9a3d645def68a680d501.thumb.jpg.3a96eb54fe17a779ff6111adbb27aee6.jpg

nasi to masih makanan paforit daerah saya

Ya memang makanan favorit negara indo adalah nasi,kalau roti namanya bukan indo lagi tapi belanda gan😆

 

On 06/02/2020 at 11:06, petikemas said:

Selamat Pagi Menjelang Siang Salam Bahagia Selalu

Indonesia negara yang terdiri dari banyak sekali suku dan adat istiadat yang berbeda sehingga menghasilkan sebuah kebiasaan yang berbeda pula terlebih dalam hal mengolah makanan sehingga melahirkan cita rasa dan kekhasan tersendiri dari masing-masing daerah, tapi saya tidak akan menyebutkan semuanya satu persatu disini saya akan fokus tentang masakan khas yang ada didaerah saya sendiri kemudian saya ingin tahu juga didaerah kalian apa saja makanan tersebut.

Ada 2 jenis masakan yang paling umum didaerah saya

1. Nasi Sodu

makanan ini berasal dari daerah ujung timur Kabupaten Situbondo yang berdekatan dengan wilayah Alas Baluran perbatasan Banyuwangi tepatnya di Kecamatan Asembagus, makanan ini sebenarnya sederhana karena terdiri dari Nasi , Kuah Labu Kuning beserta irisan Labunya dan Ikan Cakalang sebagai pelengkap

1025243309_nasisodu.thumb.jpg.86180e8f6a8bf50aaad2f9d50d6e53b0.jpg

2. Nasi Karak

Kalu Jenis makanan ini sedikit yang membedakan hanya pada ditambahkannya parutan kelapa diatas nasi tersebut jadi rasanya komplit selain menambah gurih ada manis2nya juga dari kelapa tersebut

1838928789_nasikarak.thumb.jpg.d12262a4754b92c80db083b0ddd1a8d6.jpg

 

bagaimana dengan daerah kalian?

Kalau untuk yang nasi karak ini seperti masakan orang madura yang berjualan di tempat saya yaitu nasi ayam bebek purnama yang ada taburan serundeng.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah saya belum pernah mencoba makanan tersebut, namun kalo nasi karak ditempat saya dulu klo ga salah jadi semacam camilan.

Untuk daerah saya terkenal dengan makanan sambal pecel. Kalau mau claim nasi pecel kurang begitu pas karena mulai dari blitar sampe ponorogo juga terkenal dengan nasi pecelnya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ane dari jakarta. Ada gado gado, kerak telor, soto betawi, asinan betawi ame selendang mayang dan ongol ongol dan lain lain. Nah kalo lebaran udah pasti tuh tape uli ame dodol gak ketinggalan.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 10/02/2020 at 17:56, reyvan said:

saya pernah tuh nyobain sambal tumpang, enak loh ada pakisnya juga di dalam sayurannya, rasanya semriwing sepertin mint.

untuk daerah pedesaan memang masih banyak yg menjualnya berbeda di perkotaan makanan seperti itu cukup susah untuk di temukan.

mungkin karena selera warga perkotaan berbeda dengan pedesaan.

 

kalau di daerah saya tidak menggunakan pakis , apalagi saya juga tidak doyan makan sayur pakis , mungkin berbeda daerah juga sih. yang berasa malahan aroma tempe busuk nya. itu yang membuat rasa nya semakin enak.

On 18/02/2020 at 14:22, gondrong said:

Kalau daerah surabaya kuliner yang biasanya saya makan itu nasi pecel atau rawon setan,karena saya suka makanan pedas.tapi sekarang malah jarang di jumpai nasi pecel yang enak dan murah malah kebanyakan steak😁

kalau pecel saya pun sangat suka apalagi pecel khas dari kebumen sangat enak karena ada bunga kecombrang itu yang membuat aroma pecelnya sangat enak dan tidak ada yang bisa ngalahin. jadi ingin menikmati lagi nih.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 15/03/2020 at 20:09, arya99 said:

 

kalau pecel saya pun sangat suka apalagi pecel khas dari kebumen sangat enak karena ada bunga kecombrang itu yang membuat aroma pecelnya sangat enak dan tidak ada yang bisa ngalahin. jadi ingin menikmati lagi nih.

ada juga makanan jaman dulu asli surabaya namanya semanggi,itu bumbu hampir sama dengan pecel tapi makannya tanpa menggunakan nasi jadi hanya sayur semanggi saja yang di pakai terkadang ada tambahan tetel.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 17/03/2020 at 21:01, gondrong said:

ada juga makanan jaman dulu asli surabaya namanya semanggi,itu bumbu hampir sama dengan pecel tapi makannya tanpa menggunakan nasi jadi hanya sayur semanggi saja yang di pakai terkadang ada tambahan tetel.

Kalau yang ini saya belum pernah mencobanya paling pecel saja dari berbagai daerah. Kalau dulu saat tinggal di daerah solo makanan favorit saya kupat tahu. Tetapi sekarang tinggal di JKT belum pernah lagi makan. 

Dulu ada kenal teman yang buat khas madiun bernama tepo tahu madiun ternyata sama dengan kupat tahu yang biasa saya makan.

Share this post


Link to post
Share on other sites
13 hours ago, Nikola_ said:

Kalo saya berhubung tinggal di Lampung, makanan khas daerah saya itu pindang. Paling mantap dimakan kalau pas hujan dan masih hangat.

makanan-khas-lampung-pindang.jpg

pindangnya di masak seperti apa gan karena saya suka dengan masakan olahan pindang sarden,tapi seperti yang saya lihat dari foto itu pindang pedas bumbu kuning.

Share this post


Link to post
Share on other sites

daerah saya terkeanl dengan sambal tuk-tuk. campuran dari cabai, ikan asin dan beberapa rempah2 dan sayuran membuat sambal ni terasa nikmat untuk di santap dengan nasi dan lauk pauk lainnya. kelebihan dari sambal tuk2 ini adlah rasanya yang khas dan pedas nya yang kelewatan sangat. bagi yang ingin mencoba, silahkan datang langsung kerumah saya di sumara utara. hehehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites
16 hours ago, @zulfandina said:

daerah saya terkeanl dengan sambal tuk-tuk. campuran dari cabai, ikan asin dan beberapa rempah2 dan sayuran membuat sambal ni terasa nikmat untuk di santap dengan nasi dan lauk pauk lainnya. kelebihan dari sambal tuk2 ini adlah rasanya yang khas dan pedas nya yang kelewatan sangat. bagi yang ingin mencoba, silahkan datang langsung kerumah saya di sumara utara. hehehe...

waduh kejauhan gan bagi saya,harus naik pesawat dulu untuk mencicipi makanan khas daerah gan zulfan,sepertinya sambel tersebut susah akrab bagi orang jawa karena ada rasa pahit dari bumbu rempah yang di campur dalam sambal.

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 hours ago, gondrong said:

waduh kejauhan gan bagi saya,harus naik pesawat dulu untuk mencicipi makanan khas daerah gan zulfan,sepertinya sambel tersebut susah akrab bagi orang jawa karena ada rasa pahit dari bumbu rempah yang di campur dalam sambal.

saya jamin kalau agan gondrong mencobanya pasti akan ketagihan. tidak ada rasa pahit sedikitpun walaupun menggunakan sedikit rempah-rempah didalamnya. bahkan banyak orang bandung yang datang ke lokasi saya khusus untuk membeli sambel tersebut. tapi memang di peruntukkan kepada penggemar sambel yang benar-benar pedas. kalau tidak biasa dengan makanan pedas, bisa kebakaran ntar mukanya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 23/04/2020 at 03:21, @zulfandina said:

daerah saya terkeanl dengan sambal tuk-tuk. campuran dari cabai, ikan asin dan beberapa rempah2 dan sayuran membuat sambal ni terasa nikmat untuk di santap dengan nasi dan lauk pauk lainnya. kelebihan dari sambal tuk2 ini adlah rasanya yang khas dan pedas nya yang kelewatan sangat. bagi yang ingin mencoba, silahkan datang langsung kerumah saya di sumara utara. hehehe...

Jadi ingat nih saya makan kuliner namanya sambal setan lambe turah kebetulan ada dekat tempat tinggal saya. Cuma nama sambal nya tidak tau tetapi mirip karena di campur dengan ikan juga. Awal makan sih biasa setelah habis separo nasi tuh baru berasa pedanya sambal tersebut. Mungkin juga mirip dengan di daerah agan zulfan. 

8 hours ago, gondrong said:

waduh kejauhan gan bagi saya,harus naik pesawat dulu untuk mencicipi makanan khas daerah gan zulfan,sepertinya sambel tersebut susah akrab bagi orang jawa karena ada rasa pahit dari bumbu rempah yang di campur dalam sambal.

Mungkin bisa pesan sama agan zulfan , kan sekarang juga banyak di jual secara online seperti sambel pecel khas madiun yang di masukin toples atau sambal rujak dll.

Jadinya tidak perlu langsung ke tempat agan zulfan. Kecuali ada keperluan saat ke sana dan bisa mampir lah.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
21 hours ago, @zulfandina said:

saya jamin kalau agan gondrong mencobanya pasti akan ketagihan. tidak ada rasa pahit sedikitpun walaupun menggunakan sedikit rempah-rempah didalamnya. bahkan banyak orang bandung yang datang ke lokasi saya khusus untuk membeli sambel tersebut. tapi memang di peruntukkan kepada penggemar sambel yang benar-benar pedas. kalau tidak biasa dengan makanan pedas, bisa kebakaran ntar mukanya :)

 

16 hours ago, arya99 said:

 

Mungkin bisa pesan sama agan zulfan , kan sekarang juga banyak di jual secara online seperti sambel pecel khas madiun yang di masukin toples atau sambal rujak dll.

Jadinya tidak perlu langsung ke tempat agan zulfan. Kecuali ada keperluan saat ke sana dan bisa mampir lah.

 

iya juga,tapi biasanya pesan secara online hasilnya kurang maksimal seperti banyak campuran atau gak sesuai rasa yang di pesan,maksud saya sekalian main bareng ke rumahnya gan zulfan siapa tahu rasa asli denga yang di pesan secara online berbeda.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 24/04/2020 at 21:52, gondrong said:

 

iya juga,tapi biasanya pesan secara online hasilnya kurang maksimal seperti banyak campuran atau gak sesuai rasa yang di pesan,maksud saya sekalian main bareng ke rumahnya gan zulfan siapa tahu rasa asli denga yang di pesan secara online berbeda.

jelas beda donk klo pesan online dan bei langsung, karena jika pesan online, khususnya buat teman2 yang lokasinya di luar pulau sumatra, akan memakan waktu berhari2 lamanya baru nyampe. jika datang langsung dan langsung mencicipi sesaat setelah masakannya selesai, rasanya akan jauh berbeda, bagi agan2 yang ingin mencoba boleh datang ke sumatra utara, langsung ke rumah saya, khsusu baut teman2 indo yang ada di pd, saya kasih gratis hehehehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites
10 hours ago, @zulfandina said:

jelas beda donk klo pesan online dan bei langsung, karena jika pesan online, khususnya buat teman2 yang lokasinya di luar pulau sumatra, akan memakan waktu berhari2 lamanya baru nyampe. jika datang langsung dan langsung mencicipi sesaat setelah masakannya selesai, rasanya akan jauh berbeda, bagi agan2 yang ingin mencoba boleh datang ke sumatra utara, langsung ke rumah saya, khsusu baut teman2 indo yang ada di pd, saya kasih gratis hehehehehe

widih gratis hanya buat sambelnya tapi ongkos pulang pergi di tanggung yang traveling,bisa bangkrut dong saya😊

di surabaya juga ada makanan khas gan yaitu semanggi dan rasanya gurih seperti pecel.

Share this post


Link to post
Share on other sites
12 hours ago, gondrong said:

widih gratis hanya buat sambelnya tapi ongkos pulang pergi di tanggung yang traveling,bisa bangkrut dong saya😊

di surabaya juga ada makanan khas gan yaitu semanggi dan rasanya gurih seperti pecel.

ya ia lah.. tapi kan makan, penginapan, trus traveling di kota saya, saya yang nanggung semua, masa ongkos pulang pergi juga saya yang nanggung.. kwokwowkowkok

saya udah coba itu klo ngak salah. enak sih, cuma ya.. terlalu manis menurut saya . dan saya orang nya kurang menyukai makanan yang manis2. udah biasa mungkin makan yang pedas2.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 05/04/2020 at 06:05, gondrong said:

pindangnya di masak seperti apa gan karena saya suka dengan masakan olahan pindang sarden,tapi seperti yang saya lihat dari foto itu pindang pedas bumbu kuning.

Kurang tahu juga ya gan apakah berbeda dari segi rasa, tapi disini seringnya ikan sungai gan bukan ikan laut seperti patin dan lainnya.

On 24/04/2020 at 00:45, @zulfandina said:

saya jamin kalau agan gondrong mencobanya pasti akan ketagihan. tidak ada rasa pahit sedikitpun walaupun menggunakan sedikit rempah-rempah didalamnya. bahkan banyak orang bandung yang datang ke lokasi saya khusus untuk membeli sambel tersebut. tapi memang di peruntukkan kepada penggemar sambel yang benar-benar pedas. kalau tidak biasa dengan makanan pedas, bisa kebakaran ntar mukanya :)

Sepertinya kurang cocok gan untuk selera saya, saya suka sambal tapi tidak sambal yang terlalu pedas.

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 minutes ago, Nikola_ said:

Kurang tahu juga ya gan apakah berbeda dari segi rasa, tapi disini seringnya ikan sungai gan bukan ikan laut seperti patin dan lainnya.

Sepertinya kurang cocok gan untuk selera saya, saya suka sambal tapi tidak sambal yang terlalu pedas.

lho kok gak tahu gan?

jadi bukan makanan khas tempatnya agan ini yang ada di foto,seperti masakan orang padang yang biasanya di jual di tempat saya.

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, gondrong said:

lho kok gak tahu gan?

jadi bukan makanan khas tempatnya agan ini yang ada di foto,seperti masakan orang padang yang biasanya di jual di tempat saya.

Karena saya belum pernah nyoba langsung gan yang dari daerah lain, pindang disetiap tempatkan berbeda mengolahnya. 

Kalau disini untuk kuahnyatidak terlalu kental dan pedas, dan biasanya sih ikan sungai bukan ikan laut.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×