Jump to content
petikemas

Matic Atau Manual

Recommended Posts

Selamat Sore Lagi agan-agan

untuk meramaikan forum kali ini saya akan berbicara tentang Matic dan Manual terkhusus Motor ya karena saya tidak punya mobil hehehe, menurut agan dengan kondisi sekarang dimana rata2 produksi motor baru lebih condong ke matic nya daripada porseneling atau manual agan biasanya memilih yang mana dan lebih nyaman dengan yang mana dengan keadaan tersebut, kalau saya karena didaerah pedesaan dan masih banyak juga jalanan yang menanjak dan menurun saya lebih enak menggunakan manual karena agak riskan untuk kendaraan matic digunakan naik dan turun apalagi cukup curam situasinya, tapi kalau dalam kondisi macet kayak perkotaan mungkin enak yang matic ya karena tidak pegel juga megan kopling atau harus masukin gigi2 porsnelingnya, karena kondisi tersebut saya memilih manual sebab kondisi alam tidak bisa dilawan meski sudah pada beraspal semua jalan2 pelosok di era sekarang ini

Share this post


Link to post
Share on other sites
19 minutes ago, petikemas said:

Selamat Sore Lagi agan-agan

untuk meramaikan forum kali ini saya akan berbicara tentang Matic dan Manual terkhusus Motor ya karena saya tidak punya mobil hehehe, menurut agan dengan kondisi sekarang dimana rata2 produksi motor baru lebih condong ke matic nya daripada porseneling atau manual agan biasanya memilih yang mana dan lebih nyaman dengan yang mana dengan keadaan tersebut, kalau saya karena didaerah pedesaan dan masih banyak juga jalanan yang menanjak dan menurun saya lebih enak menggunakan manual karena agak riskan untuk kendaraan matic digunakan naik dan turun apalagi cukup curam situasinya, tapi kalau dalam kondisi macet kayak perkotaan mungkin enak yang matic ya karena tidak pegel juga megan kopling atau harus masukin gigi2 porsnelingnya, karena kondisi tersebut saya memilih manual sebab kondisi alam tidak bisa dilawan meski sudah pada beraspal semua jalan2 pelosok di era sekarang ini

memang sih awal di ciptakan motor matic itu buat kawasan daerah yang jalan nya datar atau perkotaan, karena kalau di gunakan di kampung apalagi jalanan nya banyak tanjakan atau turunan yang curam memang sangat beresiko juga kalau menggunakan motor matic. tetapi kalau baut tanjakan sih motor matic lebih enak daripada menggunakan motor biasa . karena kalau jalan tanjakan pake motor bisa telat masukin gigi aja berasa mau turun ke bawah seperti tidak kuat. berbeda dengan matic tetap bisa jalan dan kuat sampai ke atas. 

matic agak berbahaya kalau buat jalanan turunan harus jago main rem juga , berasa nya seperti loss aja . ibarat naik sepeda onthel . 

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 hours ago, arya99 said:

memang sih awal di ciptakan motor matic itu buat kawasan daerah yang jalan nya datar atau perkotaan, karena kalau di gunakan di kampung apalagi jalanan nya banyak tanjakan atau turunan yang curam memang sangat beresiko juga kalau menggunakan motor matic. tetapi kalau baut tanjakan sih motor matic lebih enak daripada menggunakan motor biasa . karena kalau jalan tanjakan pake motor bisa telat masukin gigi aja berasa mau turun ke bawah seperti tidak kuat. berbeda dengan matic tetap bisa jalan dan kuat sampai ke atas. 

matic agak berbahaya kalau buat jalanan turunan harus jago main rem juga , berasa nya seperti loss aja . ibarat naik sepeda onthel . 

ya itu salah satu kelemahannya gan kalau tidak pintar2 mengatur gas, serasa seperti gigi netral kalau motor biasa pas lagi turunan, kalau saya tetap enak motor manual kalau tanjakan karena yang penting sebelum naik turunkan dulu gigi porsnelingnya yang agak rawan mungkin kalau tanjakannya merambat gitu jadi tidak terasa kalau naik terus namun tarikan motor serasa makin berat

Share this post


Link to post
Share on other sites
7 hours ago, petikemas said:

ya itu salah satu kelemahannya gan kalau tidak pintar2 mengatur gas, serasa seperti gigi netral kalau motor biasa pas lagi turunan, kalau saya tetap enak motor manual kalau tanjakan karena yang penting sebelum naik turunkan dulu gigi porsnelingnya yang agak rawan mungkin kalau tanjakannya merambat gitu jadi tidak terasa kalau naik terus namun tarikan motor serasa makin berat

Kalau manual lebih enak pas turunan bisa lebih stabil daripada matic , tetapi kalau pas tanjakan yang agak repot kalau jalan di kampung yang agak pegunungan harus rajin rajin ganti gigi dan tidak terlambat juga. Karena kemaren pernah agak telat ganti gigi pas tanjakan di kampung istri ya maklum pas di tengah tengah ketemu orang dan beehenti untuk mengobrol. Setelah selesai tidak kuat naik nya. Jadi istri harus turun dulu dan setelah di atas baru istri bisa naik. 😀

Kalau matic sih jalan tanjakan tidak menjadi masalah. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
19 hours ago, arya99 said:

Kalau manual lebih enak pas turunan bisa lebih stabil daripada matic , tetapi kalau pas tanjakan yang agak repot kalau jalan di kampung yang agak pegunungan harus rajin rajin ganti gigi dan tidak terlambat juga. Karena kemaren pernah agak telat ganti gigi pas tanjakan di kampung istri ya maklum pas di tengah tengah ketemu orang dan beehenti untuk mengobrol. Setelah selesai tidak kuat naik nya. Jadi istri harus turun dulu dan setelah di atas baru istri bisa naik. 😀

Kalau matic sih jalan tanjakan tidak menjadi masalah. 

betul gan harus mahir2 mengoperasikan porsnelingnya kalau jalan daerah pegunungan apalagi motor sport harus megang kopling juga memang agak ribet tapi lebih aman dan nyaman menurut saya

Share this post


Link to post
Share on other sites

sebenarnya saya lebih suka yg manual cuma kelarga nyuruh yg matic saya terpakasa memilih yg matic buat motor saya, karena katanya bila yg manual nanti istri ga bisa belajar haha

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 hours ago, cukup2 said:

sebenarnya saya lebih suka yg manual cuma kelarga nyuruh yg matic saya terpakasa memilih yg matic buat motor saya, karena katanya bila yg manual nanti istri ga bisa belajar haha

wkwkwkkw ternyata situasi istri bisa mempengaruhi keputusan satu keluarga ya :D untungnya istri saya dulu belajarnya pakai yang manual jadi tidak ada tuntutan saya harus beli yang matic atau manual 

Share this post


Link to post
Share on other sites

yang manual soalnya hidup di daerah pelosok , jalanannya juga cukup sulit . kalau menggunakan motor gigi masih enak kalau matic mah susah banget . tapi kalau buat ngebut ya enak matic , jika buat melewati medan yang sulit motor gigi lebih baik.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 18/01/2020 at 22:20, cukup2 said:

sebenarnya saya lebih suka yg manual cuma kelarga nyuruh yg matic saya terpakasa memilih yg matic buat motor saya, karena katanya bila yg manual nanti istri ga bisa belajar haha

memang sih lebih enak menggunakan matic kalau buat istri , karena tinggal gas saja tidak usah ganti gigi . kalau saya sendiri mau manual atau matic sama saja asal masih motor bebek kalau motor cowok tidak biasa menggunakan nya kan beda setelan gigi nya dengan motor bebek . apalagi kalau saat pulkam motor ortu bebek tetapi spidometernya mati kadang bingung sudah menggunakan gigi berapa ... 😃

10 hours ago, nolep said:

yang manual soalnya hidup di daerah pelosok , jalanannya juga cukup sulit . kalau menggunakan motor gigi masih enak kalau matic mah susah banget . tapi kalau buat ngebut ya enak matic , jika buat melewati medan yang sulit motor gigi lebih baik.

kan memang awal di buat motor matic tuh untuk kawasan jalan yang datar dan halus maka nya kurang cocok kalau buat jalan di desa yang agak pelosok apalagi jalanan berbatu . sungguh agak susah .tetapi rata rata juga pada menggunakan motor matic sekarang ini. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 19/01/2020 at 01:30, petikemas said:

wkwkwkkw ternyata situasi istri bisa mempengaruhi keputusan satu keluarga ya :D untungnya istri saya dulu belajarnya pakai yang manual jadi tidak ada tuntutan saya harus beli yang matic atau manual 

wkwkwkwk alahkah baiknya sih pake manual om ajari istri juga untuk manual, soalnya nanti kalo agan ada rezeki (nomplok) kan bisa beli mobil, jadi ga repot belajar lagi mobil, soalnya kan sudah bisa naik motor manual... :D rata2 kan gitu kalo bisa pakai mobil dulunya pake motor gigi + kopling :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 20/01/2020 at 08:38, rianwarcil said:

wkwkwkwk alahkah baiknya sih pake manual om ajari istri juga untuk manual, soalnya nanti kalo agan ada rezeki (nomplok) kan bisa beli mobil, jadi ga repot belajar lagi mobil, soalnya kan sudah bisa naik motor manual... :D rata2 kan gitu kalo bisa pakai mobil dulunya pake motor gigi + kopling :D 

Menurut saya sih lebih baik matic dulu , nanti kalau ada rezeki beli lagi yang motor bebek manual. Jadi motor matic tetap buat istri misal buat antar jemput anak sekolah atau kepasar. 

Kalau ada rezeki yang besae baru beli mobil. 😀

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya malah enggak terbiasa membawa matic sampai hari ini. Kalau orang-orang tanya saya bilang saja enggak bisa bawa matic. Padahal udah saya coba bisa saya bawa. soalnya motor istri matic

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 20/01/2020 at 08:38, rianwarcil said:

wkwkwkwk alahkah baiknya sih pake manual om ajari istri juga untuk manual, soalnya nanti kalo agan ada rezeki (nomplok) kan bisa beli mobil, jadi ga repot belajar lagi mobil, soalnya kan sudah bisa naik motor manual... :D rata2 kan gitu kalo bisa pakai mobil dulunya pake motor gigi + kopling :D 

kalau istri saya memang sedari awal belajarnya sudah manual dan kebetulan juga dirumah ada 3 motor matic manual sama sport buat tunggangan pribadi tapi kalau mobil dananya belum ada hhehehe semoga saja kita semua mendapatkan rezeki yang nomplok hingga mampu membelinya aminnn

Share this post


Link to post
Share on other sites
5 hours ago, petikemas said:

kalau istri saya memang sedari awal belajarnya sudah manual dan kebetulan juga dirumah ada 3 motor matic manual sama sport buat tunggangan pribadi tapi kalau mobil dananya belum ada hhehehe semoga saja kita semua mendapatkan rezeki yang nomplok hingga mampu membelinya aminnn

banyak bener itu tunggangannya agan peti. Memangnya ada berapa orang itu dirumah koq bisa ada 3 motor.Tapi saya kadang2 melihat sejak ada matic ini orang bawa motor semakin ugal2an saja main nyelip sana sini

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 22/01/2020 at 08:27, akmal1984 said:

Saya malah enggak terbiasa membawa matic sampai hari ini. Kalau orang-orang tanya saya bilang saja enggak bisa bawa matic. Padahal udah saya coba bisa saya bawa. soalnya motor istri matic

Sebenarnya enakan bawa matic gan akmal , daripada manual karena tidak capek ganti gigi juga. Tetapi semua kembali ke diri masing masing terbiasa menggunakan motor apa . 

18 hours ago, petikemas said:

kalau istri saya memang sedari awal belajarnya sudah manual dan kebetulan juga dirumah ada 3 motor matic manual sama sport buat tunggangan pribadi tapi kalau mobil dananya belum ada hhehehe semoga saja kita semua mendapatkan rezeki yang nomplok hingga mampu membelinya aminnn

Ya semoga cepat terlaksana juga mempunyai mobil nya. Karena harga mobil seken sekarang juga murah. Saudara beli mobil cuma 20 jutaan ya lumayan kalau buat kelas di kampung sih. 

Btw motor sport kalau di jual juga sudah dapat tuh buat beli mobil. 😀

Share this post


Link to post
Share on other sites
18 hours ago, sheenaz.bay said:

saya lebih suka moge sih. dari dulu dr zaman bujangan ampe udah nikah pun, selalu beli motor ya minimal vixion lah

Kalau ada uang nya sih mungkin harley bisa jadi pilihan , kalau tidak ada dan terbatas modalnya mungkin NMAX bisa menjadi pilihan. Tetapi kalau di kota besar sih motor bagus bagus rawan juga. Motor biasa saja di gasak apalagi motor bagus.

Kalau saya sih yang biasa aja sesuai dana paling matic bisa menjadi pilihan biar istri juga bisa make. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
19 hours ago, arya99 said:

Sebenarnya enakan bawa matic gan akmal , daripada manual karena tidak capek ganti gigi juga. Tetapi semua kembali ke diri masing masing terbiasa menggunakan motor apa . 

Ya semoga cepat terlaksana juga mempunyai mobil nya. Karena harga mobil seken sekarang juga murah. Saudara beli mobil cuma 20 jutaan ya lumayan kalau buat kelas di kampung sih. 

Btw motor sport kalau di jual juga sudah dapat tuh buat beli mobil. 😀

amin gan, saat ini saya lebih suka naik motor aja meski secara harga seperti yang agan bilang cukup tuh buat beli mobil second keluaran lawas seperti sedan tahun 80an karena saya jarang perjalanan jauh mungkin hanya sekitar 100km saja paling jauhnya lebih fleksibel naik motor rasanya dan gampang cari parkiran :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 24/01/2020 at 07:05, arya99 said:

Kalau ada uang nya sih mungkin harley bisa jadi pilihan , kalau tidak ada dan terbatas modalnya mungkin NMAX bisa menjadi pilihan. Tetapi kalau di kota besar sih motor bagus bagus rawan juga. Motor biasa saja di gasak apalagi motor bagus.

Kalau saya sih yang biasa aja sesuai dana paling matic bisa menjadi pilihan biar istri juga bisa make. 

impian saya memiliki harley, apalagi setelah saya nonton film sword ( amamiya brothers) pingin sekali memiliki motor seperti tiu, pas saya cek harga second nya aja 400juta lebih, harga barunya ga tau deh

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 24/01/2020 at 07:30, petikemas said:

amin gan, saat ini saya lebih suka naik motor aja meski secara harga seperti yang agan bilang cukup tuh buat beli mobil second keluaran lawas seperti sedan tahun 80an karena saya jarang perjalanan jauh mungkin hanya sekitar 100km saja paling jauhnya lebih fleksibel naik motor rasanya dan gampang cari parkiran :D

kalau tidak terlalu jauh sih memang lebih enak menggunakan motor saja ,oh iya gan peti kalau 100 KM kan lumayan jauh juga lho. 

On 27/01/2020 at 15:54, sheenaz.bay said:

impian saya memiliki harley, apalagi setelah saya nonton film sword ( amamiya brothers) pingin sekali memiliki motor seperti tiu, pas saya cek harga second nya aja 400juta lebih, harga barunya ga tau deh

kalau harley memang mahal juga , karena yang punya kebanyakan orang tajir dan berduit tebal juga. kalau saya sih sayang uangnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

sebagai pengguna motor matic saya pilih matic selain mudah pengoprasianya enak aja, kalo buat antar anak sekolah terus juga pakenya cuma di dalam kota, kalo motor manual sekarang kerasa ribet mesti pindah gigi segala toh sekarang udah gak jaman kebut kebuatan kaya abg.

Share this post


Link to post
Share on other sites
22 hours ago, reyvan said:

sebagai pengguna motor matic saya pilih matic selain mudah pengoprasianya enak aja, kalo buat antar anak sekolah terus juga pakenya cuma di dalam kota, kalo motor manual sekarang kerasa ribet mesti pindah gigi segala toh sekarang udah gak jaman kebut kebuatan kaya abg.

Memang lebih nyantai menggunakan motor matic , apalagi dasboard 😀  udh seperti mobil aja lega . Bisa buat bawa barang barang kalau habis belanja .bisa di taruh di depan . Lebih enak lagi karena jalanan datar , cuma kalau habis hujan harus lebih berhati hati. 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
23 hours ago, reyvan said:

sebagai pengguna motor matic saya pilih matic selain mudah pengoprasianya enak aja, kalo buat antar anak sekolah terus juga pakenya cuma di dalam kota, kalo motor manual sekarang kerasa ribet mesti pindah gigi segala toh sekarang udah gak jaman kebut kebuatan kaya abg.

wkwkkw tergantung medan dan kebutuhan juga, kalau naik turun berbatu apalagi agak terjal matic sangat rawan loss rem kalau didalam kota memang paling enak gak pegel pake matic apalagi sering macet makin santai pake matic

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 minute ago, petikemas said:

wkwkkw tergantung medan dan kebutuhan juga, kalau naik turun berbatu apalagi agak terjal matic sangat rawan loss rem kalau didalam kota memang paling enak gak pegel pake matic apalagi sering macet makin santai pake matic

betul sekali om, medan sangat menentukan, kalau daerah pegunungan pasti lebih memilih motor manual karena jalan naik turun, pernah ada kejadian kalo di jalan pegunungan rem loss karena cakram panas dan bobot pengguna terlalu berat sedangkan pada motor matic gak ada enginebreak akhirnya pengendara tersebut tersungkur saat ada jalan menurun tajam.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 08/02/2020 at 04:41, petikemas said:

wkwkkw tergantung medan dan kebutuhan juga, kalau naik turun berbatu apalagi agak terjal matic sangat rawan loss rem kalau didalam kota memang paling enak gak pegel pake matic apalagi sering macet makin santai pake matic

 

On 08/02/2020 at 04:44, reyvan said:

betul sekali om, medan sangat menentukan, kalau daerah pegunungan pasti lebih memilih motor manual karena jalan naik turun, pernah ada kejadian kalo di jalan pegunungan rem loss karena cakram panas dan bobot pengguna terlalu berat sedangkan pada motor matic gak ada enginebreak akhirnya pengendara tersebut tersungkur saat ada jalan menurun tajam.

Harus hati hati kalau menggunakan matic saat jalanan turun apalagi habis hujan, paling menggunakan 2 tangan main bareng. Biar rem nya lebih joss dan pakem. Karena resiko loss juga. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×