Jump to content
Fedrian24

Gendre film apa yang bagus untuk Anak Anak ?

Recommended Posts

Hii Dicers disini saya mau membahas tentang gendre Film, kartun, anime atau yang lainnya yang bagus di tonton anak anak ?

soalnya sekarang pun gendre komedi untuk anak juga ada kekerasan, dan itu sangat tidak bagus sekali untuk di pertontonkan kepada adik atau anak kita :D 
dan sekarang film film komedi juga banyak mengajari anak untuk menuju ke pembodohan atau hal yang tidak perlu di lakukan 
jadi saya masih bingung nih mau ngasih adik saya nonton film apa yang bagus gendrenya :D 

bagaimana menurut agan :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Memilih tontonan film untuk keluarga bukanlah hal yang mudah. Meski banyak film yang beredar di pasaran dengan genre yang bermacam-macam namun tidak semua layak ditonton, terutama anak kecil. Bahkan film anak yang diproduksi juga terkadang memiliki adegan yang tidak sesuai untuk anak.

Oleh karena itu, nagi yang sudah menjadi Mama dan Papa harus lebih selektif lagi memilih tontonan film keluarga, terutama untuk keluarga yang memiliki anak balita atau bahkan berusia dibawah 17 tahun. Karena jelas mereka masih membutuhkan pendampingan maksimal dalam menonton film.

jujur, saya bingung nih genre apa yang terbaik buat anak-anak, karena fil kartun sekarang aja ada kekerasannya. mungkin kalo genre apa yang terbaik, say ga bisa menjawabnya, tapi saya hanya merekomendasikan film anak yang berjudul Children Of Heaven, ceritanya sangat sederhana, hanya tentang bergantian menggunakan sepatu yang sama. Namun dibalik kesederhanaannya film ini sangat menyentuh dan juga mampu membuat penonton tegang, terlebih saat Ali dan Zahra harus berlari mengejar waktu, bergantian sepatu agar tak terlambat ke sekolah. Dari film ini, semoga kita bisa mengajarkan mengenai kesederhanaan, menghargai apa yang kita miliki kepada si kecil, karena masih banyak anak-anak di luar sana yang tak seberuntung kita.

Share this post


Link to post
Share on other sites

anak ane masih berumur 3th, untuk film kartu yang biasa ane liatkan adalah upin dan ipin, serial kartun yang ada banyak makna di dalamnya, tapi efek negatif nya adalah anak ane beberapa kali meniru bahasa melayu :/ hanya di beberapa kata saja sih tapi banyak pelajaran bisa dia tiru seperti membantu orang tua (atok dan opah) membantu teman yang kesusahan bermain bersama dll yang penting buat ane dampingi anak saat menonton film apapun. :D

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

untuk saat ini anak saya masih sayang sama ipin upin, ngak tau kalau besok... hahahahahaha....

apapun itu selain kartun/animasi, jangan di pertonton kan untuk anak, karena itu bisa merusak moral dan akhlak nya.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 10/05/2019 at 00:37, @zulfandina said:

apapun itu selain kartun/animasi, jangan di pertonton kan untuk anak, karena itu bisa merusak moral dan akhlak nya.

kalo itu kembali ke orang tua masing masing, ane kalo ada film action pun ane ajak liat tapi dia gak tahan untuk berlama-lama menonton dia bosan haha, tapi dari film action ane bisa ajarkan ada orang yang jahat dan baik, apa itu baik dan apa itu jahat dia bisa belajar dari itu semua. memang sih dunia mereka masih bermain tapi apa salahnya mengenalkan mana yang baik dan mana yang buruk. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

tidak sedikit film animasi/kartun anak2 yang keluar dari norma2 dan kebiasaan kita sebagai orang timur, jika disimak setiap serialnya, banyak jalan cerita yang tidak sesuai dengan umur anak kita.. contohnya saja spongsbot n celana kotak. Adventure Time, dll

sebenarnya di luar tv khusus film2 animasi/kartun sudah digolongkan menurut usia... contohnya kid Disney, baby tv--> untuk anak umur dibawah 3 tahun

cartoon network, animax ---> untuk teen (remaja)... dan seterusnya sampai pada kartun "dewasa"

berbeda dengan tv2 di indo yang menayangkan film2 kartun secara random, dan kadang2 tidak ada title batasan usia menonton..

jadi jangan salah pilih film buat anak kita gan... sesuakan dengan umurnya, dan harus ada yg mendampingi pada saat menonton.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Upin ipin sepertinya bisa jadi tontonan yang bagus untuk anak.Sama satu lagi Kiko juga saya rasa bagus itu. Karena saya kurang begitu yakin dengan film kartun keluaran barat.  Beda dengan zaman dulu ya jam tayangan film anak itu full di hari minggu. Kalau sekarang pun agak bingung saya bagaimana format acara di tv. kebanyakan acara gosipnya

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 09/05/2019 at 12:34, dikarico said:

anak ane masih berumur 3th, untuk film kartu yang biasa ane liatkan adalah upin dan ipin, serial kartun yang ada banyak makna di dalamnya, tapi efek negatif nya adalah anak ane beberapa kali meniru bahasa melayu :/ hanya di beberapa kata saja sih tapi banyak pelajaran bisa dia tiru seperti membantu orang tua (atok dan opah) membantu teman yang kesusahan bermain bersama dll yang penting buat ane dampingi anak saat menonton film apapun. :D

 

mungkin jika berbahasa melayu itu bukan dampak negatif nya gan itu menurut saya sudah masuk ke dampak positif nya  :D 
karna indonesia juga banyak tanah melayu gan xD mungkin upin dan ipin buleh juga gan untuk menjadi tontonan untuk anak anak

 

12 hours ago, kathokmlorot said:

tidak sedikit film animasi/kartun anak2 yang keluar dari norma2 dan kebiasaan kita sebagai orang timur, jika disimak setiap serialnya, banyak jalan cerita yang tidak sesuai dengan umur anak kita.. contohnya saja spongsbot n celana kotak. Adventure Time, dll

sebenarnya di luar tv khusus film2 animasi/kartun sudah digolongkan menurut usia... contohnya kid Disney, baby tv--> untuk anak umur dibawah 3 tahun

cartoon network, animax ---> untuk teen (remaja)... dan seterusnya sampai pada kartun "dewasa"

berbeda dengan tv2 di indo yang menayangkan film2 kartun secara random, dan kadang2 tidak ada title batasan usia menonton..

jadi jangan salah pilih film buat anak kita gan... sesuakan dengan umurnya, dan harus ada yg mendampingi pada saat menonton.

nah mungkin iyaa gan dengan ada nya pengelompokan acara tv untuk usia yang tepat itu bagus juga gan tapi saya sayang nya 
tidak memasang tv yang di indihome gan :D jadi tidak dapat siaran yang kiddisney dll
tapi mugkinm masih bisa di tonton di hp atau di computer saya nantinya 

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 09/05/2019 at 09:10, Fedrian24 said:

Hii Dicers disini saya mau membahas tentang gendre Film, kartun, anime atau yang lainnya yang bagus di tonton anak anak ?

soalnya sekarang pun gendre komedi untuk anak juga ada kekerasan, dan itu sangat tidak bagus sekali untuk di pertontonkan kepada adik atau anak kita :D 
dan sekarang film film komedi juga banyak mengajari anak untuk menuju ke pembodohan atau hal yang tidak perlu di lakukan 
jadi saya masih bingung nih mau ngasih adik saya nonton film apa yang bagus gendrenya :D 

bagaimana menurut agan :D 

tontonan yang bagus menurut saya mungkin hakl yang membuat dia senang , dan tidak membuat dia tegang . namun saya dulu pas masih kecil suka tontonan yang menantang , mungkin adiknya bisa ditontonin film seperti doraemon atau yang menggunakan bahasa indonesia secara benar . karena jika kayak nonton upin ipin saya suka jenggel liat anak kecil kayak bicaranya itu  ngalem istilahnya maaka dari itu adik saya saya tontonin film yang mengggunakan bahasa yang baik dan benar.

Share this post


Link to post
Share on other sites

menurut saya tontonan yang bagus untuk anak itu yang bikin anak ceria,misalnya kartun musikal(banyak nyanyi xD) kalau dulu sih mmasih banyak di televisi indonesia yang model begitu,namun sekarang sekarang sudah mulai menghilang

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, raviki99 said:

menurut saya tontonan yang bagus untuk anak itu yang bikin anak ceria,misalnya kartun musikal(banyak nyanyi xD) kalau dulu sih mmasih banyak di televisi indonesia yang model begitu,namun sekarang sekarang sudah mulai menghilang

iyaa gan yang bagus di televisi indonesia tapi sekarang malah sedikit di televisi indonesia yang menayangkan kartun lagi gan
seperti doraemon yang sudah tidak di tayangkan dan banyak juga kartun televisi yang sudah tidak di tayang ulang lagi 
kalau untuk menonton dari hp saya takut memberi hp kepaa adik saya karna takut terbiasa dan nanti nya malah menjadi kebiasaan

Share this post


Link to post
Share on other sites

menurut saya tontonan yang bagus buat anak anak itu yang bersifat film keluarga, selain mendidik juga terkadang terselip beberapa nasehat. itu aja sih menurut saya, o iya kartun juga ga masalah selama masih dalam konteks petualangan, asal jangan yang mempertontonkan kekerasan aja.

Share this post


Link to post
Share on other sites

di era ane dulu masih ada film kartun seperti Dragon ball, sinchan, doraemon, pokemon, one pice, dan GO, tapi sepertinya untuk anak anak (3-5th) sekarang film kartun yang ditanyangkan di tv lokal cuma ada adit sopo jarwo, upin ipin, bus tayo, doraemon setahu ane cuma ada itu jadi mngkin kurang ada banyak pilhin seperti di era ane, tapi ane ada sedikit masukan lagi untuk film yang ada pembelajaran mngkin bisa di tambah film pendek berseri yaitu Baby Bus, ada banyak pengajaran di dalamnya tetapi berbahasa english jadi perlu juga di dampingin OT untuk menjelaskan beberapa kejadian yang ada pada filmnya. 

BabyBus - Kids Songs & Nursery Rhymes

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×