Jump to content
GilangMustaqin

Kehidupan "Busuk" dan Dramatis

Recommended Posts

Selamat pagi, siang, sore dan malam (tergantung kalian baca trit ini kapan) buat sesepuh dan kakak seperguruan saya di Forum tercinta ini. ☺

Untuk yang belum kenal nama saya sudah tertulis dengan jelas diatas. Saya kelahiran jawa 16 Maret 1997 menurut Akta Kelahiran (tapi di KTP 12 Maret 1996). Jadi sudah cukup umur kan buat main disini? huehue

Jadi saya mau menceritakan kisah "busuk" dan dramatis dlm kehidupan saya ini om. Kenapa saya sebut "busuk"? ya alasannya om semua tau deh klo udah baca ceritanya dibawah. 🙂

Mulai dari semasa kecil, saya dibesarkan oleh nenek (saya manggilnya emak) dan kakek (saya manggilnya kakung). Saya sudah anggap mereka ini orang tua kandung, mereka lebih saya sayangi dari orang tua saya yang sebenarnya.
Meskipun bapak saya saat itu juga tinggal disitu (rumah nenek).

Seiring bertambahnya umur, akhirnya saya memahami bahwa mereka (org tua kandung saya) pisah dan sampai detik ini pun saya ga tau pisahnya gara-gara apa.  Ibu saya tinggal dikota yang jauh dari tempat kelahiran saya. Jauh dari tempat dimana saya dibesarkan. 

Saya bertemu ibu kalau dia jenguk saya kesini, saya selalu dimanjain klo ibuk jenguk. Diajak ke jalan-jalan wisata, ke mall sampe belanjaan banyak banget, diajakin makan enak-enak dan dibeliin mainan-mainan. Klo mainan itu dikumpulin sampe sekarung atau lebih mungkin wkwk. Pokoknya idaman anak kecil banget lah klo diajakin ibuk, apa aja diturutin.

Setiap bulan ibuk saya jenguk meskipun itu dilarang oleh bapak saya. Jadi bapak saya nggak suka kalau ibuk saya kesini, apalagi diajakin jalan-jalan.
Salah satu ingatan yg ga bisa ilang dari kepala saya yaitu ketika pulang dari jalan-jalan sama ibuk dan dirumah cuma ada bapak, saya cuma inget sekilas aja karena umur saya juga blom ada 5 tahun.
Bapak berperilaku kasar sama ibuk saya mungkin adu mulut juga tp saya ga inget. Sampe ibu saya ditampar bberapa kali, bahkan sampe berlutut meluk kaki bapak saya minta ampun. saya ga tau apa-apa, saya cuma bisa nangis sambil meluk mainan yg barusan dibeli.
Jadi sejak kecil saya sudah diperlihatkan kekerasan seorang suami kepada istri, yaitu bapak dan ibu saya.

Setelah kejadian-kejadian tersebut ibu saya jadi jarang jenguk saya, tetapi mulai menjenguk saya lagi semenjak bapak saya merantau ke Lampung karena dicari-cari polisi.

Saya kurang tau persis kasus kriminal apa yg membuat bapak saya diuber-uber polisi. Kata tetangga saya bapak itu dulu bandar nomor togel dan karena kasus itu diburu polisi. ga tau juga sih, saya juga ga mau tau.
Yang saya tau bapak saya itu Pemabuk, Pengguna Narkoba (suka nyabu kata paman saya), Royal (suka ngabisin duit di karaoke dan tempat portitusi) dan yang paling parah jual beberapa lahan tanah buat foya-foya.

Selang beberapa tahun makin tambah umur makin banyak yg saya tau dari kisah orang tua saya. Dan yang paling menyakitkan adalah kelahiran saya pun tidak diinginkan oleh ibu saya. 😔
Kenapa saya bilang begitu, karena saat dikandungan percobaan pembunuhan sudah terjadi pada diri saya. Ibu saya menenggak Pestisida berharap bahwa anaknya ini harus mati.
Ini bukan cerita lagi gan ini sudah jadi fakta dan terkonfirmasi oleh anggota keluarga lainnya (termasuk nenek-kakek saya).

Semakin banyak cerita-cerita yg saya denger, lama kelamaan saya jadi anak pendiam. Saat pendidikan sekolah dasar beban pikiran itu belum terlalu berpengaruh. Saya masih sanggup untuk belajar, bahkan sampai rangking 6 saat ujian sekolah dasar (lumayan kan 😅) wkwk. Meskipun saat itu udah mengenal rokok hehe.

Saat masuk ke Sekolah Menengah Pertama, saya saat itu cuma ngikut temen-temen aja masuk sekolah favorit. Hari pertama masuk SMP saya udah dihukum gan karena rambut di semir merah.

Bulan demi bulan berlalu sampai akhirnya saya merasa nggak bersemangat lagi buat sekolah. Beban pikiran tentang orang tua sudah mulai terasa. Dikelas 7 saya sudah banyak berbuat hal-hal bodoh tindik lidah/kuping, mabok digedung sekolah, ngrokok di kantin, bolos tes 3hr (cuma buat ketemuan sama pacar), ngatain guru dgn kata-kata kasar (hewan berkaki empat) dll ngeri juga ya SMP udah kayak gitu wkwk
btw itu pacar kakak kelas, saya kelas 7 dia kelas 8 itu awal jadian 😍. Dia nggak terlalu cantik sih 8/10 lah klo soal penampilan.

Sampai pada musim kenaikan kelas 9 saya dinyatakan naik bersyarat, jadi saya bisa naik kelas 9 asal saya harus pindah dari sekolah itu. Pada akhirnya saya harus kehilangan pendidikan karena kedua org tua saya benar-benar tidak peduli lagi dengan saya.
Tidak mungkin klo saya harus membebankan biaya sekolah pada nenek/kakek. klo urusan uang saku mungkin iya, tpi klo biaya yg lebih ngga sanggup. Sebelumnya biaya sekolah yang nanggung ibu.
Pada akhirnya saya harus merelakan pendidikan saya, penyesalan sudah tidak ada artinya lagi.

Saya sering curhat sama pacar saya, dia juga bilang klo saya harus sekolah. tapi akhirnya dia memahami kondisiku apa yg selama ini menggangu pikiranku. 

Setelah beberapa tahun menganggur masa muda saya makin gelap gan, makin banyak miras dan sex bebas 😔 . Tersadar akan kegelapan yg saya alami, saya berniat untuk mengakhiri gaya hidup itu. Saya ikut kerja kakak bapak saya biar bisa lepas dari dunia yg suram.

Tahun demi tahun berganti, perasaan saya untuk sang kekasih (yg dari kelas 7 SMP) semakin dalam. Kami berdua sudah terbiasa dengan hubungan yang "rusak".

Beberapa bulan berlalu ada satu lagi yg membuat saya benar-benar berada dititik depresi. Sang kekasih yg dari dulu selalu ada kini sudah berpindah hati. Sakit banget gan rasanya dihianati 😔 , tapi sebelumnya emg saya udah curiga sih sama dia. Yang bikin gak nyangka itu kok ternyata kejadian klo dia selingkuh.
Tanpa pikir panjang langsung kuakhiri gan hubungan itu, meskipun sakit dan agak ga rela. tapi ya mau gimana lagi.
Setahun setelahnya dia ngajakin ketemuan gan ditempat favorit waktu pacaran dulu, tpi ajakan itu saya tolak. Karena saya ga mau kejadian yg sama terulang. hehe sakit tau

Setelah peristiwa itu hari-hari saya berjalan normal, saya mulai menghilangkan gaya hidup yg suram.

Bertahun-tahun berlalu hati saya kembali hancur gan, emak (nenek) yg saya anggap ibu kandung saya mengalami struk. Rasa sedih saya makin menjadi karena 1 bulan lebih nenek saya masih dalam keadaan koma. 
Dan makin hancur lagi, tepatnya 7 maret 2017 emak meninggal. Kepergiannya benar-benar membuat saya tak berarti, karena hanya beliaulah yg masih peduli dengan kondisi saya.

Namun hari demi hari masih saya jalani gan, beberapa hari setelah itu kabar dari sang mantan pun datang klo dia bakakan nikah. Denger-denger hamil diluar nikah, gak heran sih org dia dari lugu sampe kek gitu yg ngajarin saya. tp ya bodo amatlah yg penting udah sering mencicipi. 😏 huehue

Mungkin segitu dulu ya om, kisah "busuk" dan dramatis saya ini. Menurut kalian gimana, apakah perpisahan org tua yang membuat saya jatuh dalam gaya hidup yg suram? atau memang saya yang terlalu over?
 

Share this post


Link to post
Share on other sites
Posted (edited)

Tetap semangat gan.....perjalannan hidup setiap orang berbeda beda, karena itu memang takdir yg harus dijalani.tetap optimis dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik

Kalo masalah orang tua,sebejat apapun mereka,seburuk apapun mereka tetaplah orang tua yg harus dihargai dan dihormati

(96 ane kelas 2 sma itu gan wkkwkkk)

 

Edited by Mlongo

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 minute ago, Mlongo said:

Tetap semangat gan.....perjalannan hidup setiap orang berbeda beda, karena itu memang takdir yg harus dijalani.tetap optimis dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik

Kalo masalah orang tua,sebejat apapun mereka,seburuk apapun mereka tetaplah orang tua yg harus dihargai dan dihormati

makasih om buat penyemangatnya.

iya om tanpa kedua orang tua saya, saya nggak akan ada dan nggak akan menjadi seperti ini.  🙂

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 minutes ago, GilangMustaqin said:

makasih om buat penyemangatnya.

iya om tanpa kedua orang tua saya, saya nggak akan ada dan nggak akan menjadi seperti ini.  🙂

Lanjukan gan

Setiap orang punya kebahagiaan nya sendiri2.tergantung seberapa besar usahanya untuk menggapainya

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 minutes ago, Mlongo said:

Lanjukan gan

Setiap orang punya kebahagiaan nya sendiri2.tergantung seberapa besar usahanya untuk menggapainya

Tetapi terkadang justru kebahagian tidak sepihak, saya hanya ingin bahagia dengan orang yang saya inginkan gan 😔

Share this post


Link to post
Share on other sites
Posted (edited)
4 minutes ago, GilangMustaqin said:

Tetapi terkadang justru kebahagian tidak sepihak, saya hanya ingin bahagia dengan orang yang saya inginkan gan 😔

Terkadang apa yg kiinginkan dan apa yg kita sayangi belum tentu akan menjadi milik kita.sabar dan selalu berusaha lebih baik daripada harus putus ditengah hanya gara gara patah semangat

(Kata pak ustad,...ikhtiar dan doa itu penting dalam hal un tuk mencapai sesuatu)

Edited by Mlongo

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ada pelajaran yanag anda petik dari semua ini.Bahwa anda adalah orang yang sangat kuat...kuat menjalani cobaan yang di berikan kepada anda.

Saya tidak ingin masuk dalam komentar tentang orang tua anda.karena saya takut ada kesalahan dalam komentar. Tetapi saya ingin mengomentari tentang wanita yang meninggalkan anda.bahwa wanita itu memang tidak pantas untuk anda pertahankan.Anda akan mendapatkan lebih darinya,

Mungkin jika kita bisa bertemu real world,saya akan banyak memberi nasehat anda tentang arti kehidupan:) 

innalillahi wa'innailaihi rojiun ucapan bela sungkawa untuk nenek anda semoga amal ibadahnya di terima.amin ya rabbal al'amin

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 hours ago, SEMPAXs said:

Ada pelajaran yanag anda petik dari semua ini.Bahwa anda adalah orang yang sangat kuat...kuat menjalani cobaan yang di berikan kepada anda.

Saya tidak ingin masuk dalam komentar tentang orang tua anda.karena saya takut ada kesalahan dalam komentar. Tetapi saya ingin mengomentari tentang wanita yang meninggalkan anda.bahwa wanita itu memang tidak pantas untuk anda pertahankan.Anda akan mendapatkan lebih darinya,

Mungkin jika kita bisa bertemu real world,saya akan banyak memberi nasehat anda tentang arti kehidupan:) 

innalillahi wa'innailaihi rojiun ucapan bela sungkawa untuk nenek anda semoga amal ibadahnya di terima.amin ya rabbal al'amin

Makasih om buat pujiannya. nggak masalah kok om mengomentari orang tua saya, justru itu yang jawaban yg saya tunggu.

Mengenai wanita itu saya sudah relakan. huehue lagian dia juga udah punya kluarga.

Saya paling suka om klo bahas arti kehidupan, karena emg saya ga tau jati diri saya. Kenapa saya hidup? Kenapa saya begini? Kenapa harus saya? dan masih banyak pertanyaan yg lain.

Meskipun banyak juga dari kalangan orang dewasa yg sudah memberi jawaban, tetapi saya merasa kurang puas dengan jawaban tersebut.

Amin ya rabbal alamin 🙂

Share this post


Link to post
Share on other sites

Maaf ya gan sebelumnya,akibat perpisahan orang tua dan kekerasan didalamnya sehingga membentuk sifat depresi pada anak,dan itu terjadi pada agan juga. kebanyakan anak anak itu menjadi broken home dan timbul lah keinginan untuk merusak diri seperti minuman keras sex bebas dll.

tapi untungnya agan ini kuat menghadapi cobaan itu dan berkeinginan merubah gaya hidup seperti itu.

semoga saja dengan perubahan agan ini nantinya tidak akan  mengulangi kesalahan orang tua agan dan menjadi orang tua yang menyangi keluarganya.

 

semoga amal nenek agan diterima oleh allah swt

Share this post


Link to post
Share on other sites
10 minutes ago, raviki99 said:

Maaf ya gan sebelumnya,akibat perpisahan orang tua dan kekerasan didalamnya sehingga membentuk sifat depresi pada anak,dan itu terjadi pada agan juga. kebanyakan anak anak itu menjadi broken home dan timbul lah keinginan untuk merusak diri seperti minuman keras sex bebas dll.

tapi untungnya agan ini kuat menghadapi cobaan itu dan berkeinginan merubah gaya hidup seperti itu.

semoga saja dengan perubahan agan ini nantinya tidak akan  mengulangi kesalahan orang tua agan dan menjadi orang tua yang menyangi keluarganya.

 

semoga amal nenek agan diterima oleh allah swt

Iya gan, waktu itu udah nggak terkendali lagi. Dan cuma bisa melampiaskan ke gaya hidup tersebut. 😔

Siap gan, setelah saya mengalami hal-hal seperti ini saya juga nggak mau kalau kelak punya anak jadi korban orang tua. Jangan sampai deh ngerasain apa yg saya alami.

Amin, terimakasih atas do'a nya 😇

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 minutes ago, GilangMustaqin said:

Iya gan, waktu itu udah nggak terkendali lagi. Dan cuma bisa melampiaskan ke gaya hidup tersebut. 😔

Siap gan, setelah saya mengalami hal-hal seperti ini saya juga nggak mau kalau kelak punya anak jadi korban orang tua. Jangan sampai deh ngerasain apa yg saya alami.

Amin, terimakasih atas do'a nya 😇

Semangats gan.......anda pasti bisa

Share this post


Link to post
Share on other sites

Banyak-banyak sabar aja gan gilang. ambil hikmah dan pelajaran agar kehidupan agan kedepannya bisa lebih baik lagi . Oh iya apakah ayah agan memang tidak pernah ada kabar lagi sampai detik ini?

Share this post


Link to post
Share on other sites
11 hours ago, GilangMustaqin said:

Makasih om buat pujiannya. nggak masalah kok om mengomentari orang tua saya, justru itu yang jawaban yg saya tunggu.

Mengenai wanita itu saya sudah relakan. huehue lagian dia juga udah punya kluarga.

Saya paling suka om klo bahas arti kehidupan, karena emg saya ga tau jati diri saya. Kenapa saya hidup? Kenapa saya begini? Kenapa harus saya? dan masih banyak pertanyaan yg lain.

Meskipun banyak juga dari kalangan orang dewasa yg sudah memberi jawaban, tetapi saya merasa kurang puas dengan jawaban tersebut.

Amin ya rabbal alamin 🙂

Jangan pernah menyalahkan diri sendiri dan keadaan yang sedang anda jalani.Tetapi berubahlah untuk tidak semakin terpuruk dengan keadaan yang sedang anda jalani.

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, akmal1984 said:

Banyak-banyak sabar aja gan gilang. ambil hikmah dan pelajaran agar kehidupan agan kedepannya bisa lebih baik lagi . Oh iya apakah ayah agan memang tidak pernah ada kabar lagi sampai detik ini?

Ada kabar gan klo dia udah punya istri lagi dan satu anak. Saya juga pernah sekali jenguk sama nenek kesana (sekitar usia saya 6th).

Bapak saya pulang lagi ke Jawa setelah bertahun-tahun di Lampung gan. saya masih inget itu pas saya bangun dari tidur mau persiapan brangkat sekolah (masih SD) tiba-tiba bapak saya udah didepan mata tiba-tiba langsung meluk saya bilang klo kangen. 😂

Saya kira dia berubah tapi masih aja berbuat hal-hal yang semestinya tidak dilakukan.  Tinggal disini pun sudah beda lagi istrinya.

Dan sekarang dia tinggal di Indramayu, disanapun sudah punya istri lagi yg berbeda.

1 hour ago, SEMPAXs said:

Jangan pernah menyalahkan diri sendiri dan keadaan yang sedang anda jalani.Tetapi berubahlah untuk tidak semakin terpuruk dengan keadaan yang sedang anda jalani.

Oke om, emang susah juga klo udah mengalami kayak gini tanpa menyalahkan diri sendiri. Karena emg sudah terbiasa menganggap ini kutukan 😂

10 hours ago, Mlongo said:

Semangats gan.......anda pasti bisa

Siyapp om delapan-enam! semangat 1btc 😅

Share this post


Link to post
Share on other sites

Disetiap kejadian menyimpan hikmah yang kita tidak tahu, karena itu rahasia Ilahi. Bagaimana pun masa lalu kita buatlah itu sebagai pengalaman hidup yang bisa anada perbaiki di masa depan. Bagaimana kita menyikapinya dengan bersabar karena semua pasti akan indah pada waktunya. Ambil hikmah baik dari setiap kejadian dan tidak menjadikan itu menjadi rasa bersalah, dendam dan amarah. Ikuti kata hati jika itu baik dan berfikir jernih dalam bertindak akan membawa manfaat yang baik untuk semua yang kita kerjaan. Tetap semangat untuk mengubah masa depan menjadi lebih baik. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 hours ago, dikarico said:

Disetiap kejadian menyimpan hikmah yang kita tidak tahu, karena itu rahasia Ilahi.

Ambil hikmah baik dari setiap kejadian dan tidak menjadikan itu menjadi rasa bersalah, dendam dan amarah.

Iya gan, pasti ada hikmah.

Yang selalu membuat penasaran hanya "sebenarnya apa rencana tuhan terhadap hamba yang hina ini" 😣

meskipun itu semua rahasia illahi.

Share this post


Link to post
Share on other sites
24 minutes ago, GilangMustaqin said:

Iya gan, pasti ada hikmah.

Yang selalu membuat penasaran hanya "sebenarnya apa rencana tuhan terhadap hamba yang hina ini" 😣

meskipun itu semua rahasia illahi.

Namanya rahasia pasti gak akan ada yang tahu bang, jalanin aja semua kaya air mengalir (ngomongnya sih gampang prakteknya pasti susah) ada batu besar lewatin kecil lewatin seperti masalah kecil hadapain besar juga hadapin semua akan indah pada waktunya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 05/04/2019 at 13:45, dikarico said:

Namanya rahasia pasti gak akan ada yang tahu bang, jalanin aja semua kaya air mengalir (ngomongnya sih gampang prakteknya pasti susah) ada batu besar lewatin kecil lewatin seperti masalah kecil hadapain besar juga hadapin semua akan indah pada waktunya :)

Kalau kita ingat kemana akhirnya kita akan berlabuh sebenarnya hidup ini akan kerasa sangat ringan. Tetapi kadang-kadang kita lupa untuk mengingatnya. Karena terlalu fokus atau sibuk dengan urusan duniawi

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ketika kamu beranjak dewasa, kehidupan tidak mungkin datar-datar saja. Banyak tantangan yang akan kamu hadapi. Mulai dari tantangan di kehidupan personal, pendidikan, hingga karir. Yeah, menjadi dewasa memang tidak mudah. Ibarat mau jadi buah yang matang dan enak, saat kamu ingin jadi dewasa kamu memang harus ditempa dengan banyak masalah. Agar kaya pengalaman dan bisa jadi orang yang lebih bijaksana. Tapi sering kali pada saat kamu tertimpa masalah, kamu pengen nyerah. Hal ini sangat manusiawi. Banyak orang diluar sana yang lari dari kenyataan saat menghadapi kesulitan dan rasa sakit. Rasanya kamu pengen menghindar saja. Terkadang kamu lupa, bahwa hidup memang tidak selalu baik-baik saja. Rasa sakit adalah bagian yang tidak terpisahkan dari hidup. Nah, sebaiknya kamu jangan takut menghadapi kesulitan dan rasa sakit. Hadapi dengan tenang dan kamu selesaikan dengan baik. Kenapa? Karena rasa sakit itu nantinya akan membuatmu tumbuh jauh lebih dewasa dari sebelumnya. Sekaligus kamu bakal punya banyak pengalaman dan kekayaan hidup.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×