Jump to content
DATANGBULAN

Layakkah Kripto Sebagai Aset Masa Depan?

Recommended Posts

22 hours ago, sheenaz.bay said:

hehe baru tau saya petugas pajak menghampiri ke rumah pemain crypto yang habis WD ratusan juta. untung saya belum pernah di datangi petugas pajak ke rumah. kalo petugas pajak datang ke rumah saya sambut dgn baik, dan saya akan bertanya tentang pajak dari keuntungan crypto, biar lbh jelas

memang benar kok kejadiannya sudah bebapa bulan yang lalu, karena sesuai peraturan yang berlaku sekarang transaksi di atas 100 juta kena wajib pajak apalagi rekeningnya sudah terdaftar di NPWP . jadi segala transaksi pasti di laporkan ke pihak pajak dari bank tersebut. 

bahkan teman saya yang menjadi Exchanger crypto yang tiap hari transaksi ratusan juta rupiahpun tiap bulan mendapatkan Email untuk pembayaran Pajak atas transaksi Crypto yang dia lakukan. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, arya99 said:

memang benar kok kejadiannya sudah bebapa bulan yang lalu, karena sesuai peraturan yang berlaku sekarang transaksi di atas 100 juta kena wajib pajak apalagi rekeningnya sudah terdaftar di NPWP . jadi segala transaksi pasti di laporkan ke pihak pajak dari bank tersebut. 

bahkan teman saya yang menjadi Exchanger crypto yang tiap hari transaksi ratusan juta rupiahpun tiap bulan mendapatkan Email untuk pembayaran Pajak atas transaksi Crypto yang dia lakukan. 

kalo ada pajak untuk crypto, seharusnya indonesia melegalkan semua aktivitas yang berkaitan dengan crypto, jangan ambil pajak nya aja

Share this post


Link to post
Share on other sites
17 hours ago, sheenaz.bay said:

kalo ada pajak untuk crypto, seharusnya indonesia melegalkan semua aktivitas yang berkaitan dengan crypto, jangan ambil pajak nya aja

pendapat ane indonesia sudah melegalkan crypto justru di indonesia , dengan adanya Indodax dan platform exchanger lainnya saja itu sudah termasuk legal karena sudah dizinkan peredarannya oleh pemerintah indonesia. 

cuman masalahnya memang mata uang crypto tidak bisa dijadikan alat pembayaran yang sah, karena crypto merupakan  barang tidak berwujud dan hanya dapat diperdagangkan  melalui sistem elektronik.

Share this post


Link to post
Share on other sites
8 minutes ago, davincuy said:

pendapat ane indonesia sudah melegalkan crypto justru di indonesia , dengan adanya Indodax dan platform exchanger lainnya saja itu sudah termasuk legal karena sudah dizinkan peredarannya oleh pemerintah indonesia. 

ane setuju, dengan berkembangkanya dan semakin banyaknya bursa aset kripto yang ada di Indonesia dan telah beroperasi sampai saat ini, itu menunjukan bahwah kripto memang sudah dilegalkan dan diawasi oleh ojk, yang masih menjadi permasalahan adalah belum layak untuk menjadi alat pembayaran. 

19 hours ago, arya99 said:

memang benar kok kejadiannya sudah bebapa bulan yang lalu, karena sesuai peraturan yang berlaku sekarang transaksi di atas 100 juta kena wajib pajak apalagi rekeningnya sudah terdaftar di NPWP . jadi segala transaksi pasti di laporkan ke pihak pajak dari bank tersebut. 

bahkan teman saya yang menjadi Exchanger crypto yang tiap hari transaksi ratusan juta rupiahpun tiap bulan mendapatkan Email untuk pembayaran Pajak atas transaksi Crypto yang dia lakukan. 

untuk pajak ini ane juga baru dengar karena sebelumnya tidak ada kabar tentang pajak yang disematkan dalam transaksi kripto dengan nilan diatas 100 juta, jika untuk menghindari pajak tersebut mungkin bisa disiasati dengan menurunkan nilai transaksi di bawah nilai yang terkena wajib pajak.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 24/05/2019 at 09:52, dikarico said:

ane setuju, dengan berkembangkanya dan semakin banyaknya bursa aset kripto yang ada di Indonesia dan telah beroperasi sampai saat ini, itu menunjukan bahwah kripto memang sudah dilegalkan dan diawasi oleh ojk, yang masih menjadi permasalahan adalah belum layak untuk menjadi alat pembayaran. 

untuk pajak ini ane juga baru dengar karena sebelumnya tidak ada kabar tentang pajak yang disematkan dalam transaksi kripto dengan nilan diatas 100 juta, jika untuk menghindari pajak tersebut mungkin bisa disiasati dengan menurunkan nilai transaksi di bawah nilai yang terkena wajib pajak.

memang benar transaksi diatas ratusan juta wajib bayar pajak itu sudah ada ketentuannya, tapi jangan khawatir masih bisa di akali dengan cara WD di bawah 100 juta tentunya dan tidak kena pajak , bisa juga di kalau WD di atas 100 juta jangan mengguanakan Indodax secara langsung harus melalui pihak ketiga. seperti exchange yang tergabung di dalamnya. karena Indodax merupakan sebuah perusahaan maka tiap transaksi besar pasti di laporkan ke pihak pajak dan OJK. 

kalau WD melalui exchange pihak ketiga karena bukan perusahaan maka di aanggap sebagai transaksi transfer seperti biasa dan tidak kena pajak.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 24/05/2019 at 09:38, davincuy said:

pendapat ane indonesia sudah melegalkan crypto justru di indonesia , dengan adanya Indodax dan platform exchanger lainnya saja itu sudah termasuk legal karena sudah dizinkan peredarannya oleh pemerintah indonesia. 

cuman masalahnya memang mata uang crypto tidak bisa dijadikan alat pembayaran yang sah, karena crypto merupakan  barang tidak berwujud dan hanya dapat diperdagangkan  melalui sistem elektronik.

setuju banget dengan pendapat agan david , 

crypto indonesia meskipun dilarang juga tidak bisa karena untuk mengawasi hal ini sangat sulit .

Share this post


Link to post
Share on other sites

Agar tidak menjadi perdebatan yang panjang mengenai regulasi/peraturan kripto di indonesia silahkan anda membaca topik yang pernah saya buat.

Regulasi tentang kripto di indonesia dapat anda baca disini :

 

Dan juga pendapat tentang peraturan tersebut silahkan di diskusikan sesuai topik yang ada disini:

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 24/05/2019 at 09:52, dikarico said:

ane setuju, dengan berkembangkanya dan semakin banyaknya bursa aset kripto yang ada di Indonesia dan telah beroperasi sampai saat ini, itu menunjukan bahwah kripto memang sudah dilegalkan dan diawasi oleh ojk, yang masih menjadi permasalahan adalah belum layak untuk menjadi alat pembayaran. 

Tidak masalah sebenernya kalau crypto belom menjadi alat pembayaran, karena menurut saya fungsi crypto adalah investasi/trading dan gambling.

menurut agan jika dimasa depan crypto bisa dijadikan alat pembayaran apakah agan mau membayar pake Crypto atau Fiat uang rupiah?

Share this post


Link to post
Share on other sites
28 minutes ago, davincuy said:

Tidak masalah sebenernya kalau crypto belom menjadi alat pembayaran, karena menurut saya fungsi crypto adalah investasi/trading dan gambling.

menurut agan jika dimasa depan crypto bisa dijadikan alat pembayaran apakah agan mau membayar pake Crypto atau Fiat uang rupiah?

agak kurang setuju juga sih gan kalo nanti dijadikan alat pembayaran, karena tidak adanya kejelasan dalam nilai nya yang selalu berubah bisa naik dan turun dikarenakan berbagai hal jadi untuk di indonesia seperitnya lebih baik IDR tetap jadi mata uang, tapi entah untuk di luar negeri karena perkembangan teknologi makin pesat bisa jadi btc atau kripto lain yang bisa menjadi alat pembayaran seperti yang telah berjalan di sebuah cafe di paris

Share this post


Link to post
Share on other sites

menurut saya crypto itu sangat layak menjadi aset digital masa depan, apalagi bagi saya yang tinggal di kota besar agak susah untuk berinvestasi di dunia nyata. lebih baik saya jadikan sebagai aset investasi.kalau sudah banyak mungkin bisa buat membuat aset di dunia nyata  juga misalnya buat beli kambing atau anak sapi dan di pelihara di kampung di titipkan sama keluarga atau saudara. saya rasa cukup modal 5 jutaan. atau di belikan bibit seperti pohon jati.semua hasil dari crypto.itu baru tahap rencana dahulu.kalau sekarang baru mengumpulkan pundi pundi crypto saja.

Share this post


Link to post
Share on other sites
16 hours ago, arya99 said:

menurut saya crypto itu sangat layak menjadi aset digital masa depan, apalagi bagi saya yang tinggal di kota besar agak susah untuk berinvestasi di dunia nyata. lebih baik saya jadikan sebagai aset investasi.kalau sudah banyak mungkin bisa buat membuat aset di dunia nyata  juga misalnya buat beli kambing atau anak sapi dan di pelihara di kampung di titipkan sama keluarga atau saudara. saya rasa cukup modal 5 jutaan. atau di belikan bibit seperti pohon jati.semua hasil dari crypto.itu baru tahap rencana dahulu.kalau sekarang baru mengumpulkan pundi pundi crypto saja.

betul gan crypto sangat layak menjadi aset digital masa depan,namun saya berbeda sedikit sama agan. saya lebih menggunakan crypto ini penyimpanan sementara saya dalam menyimapn uang :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
23 hours ago, raviki99 said:

betul gan crypto sangat layak menjadi aset digital masa depan,namun saya berbeda sedikit sama agan. saya lebih menggunakan crypto ini penyimpanan sementara saya dalam menyimapn uang :D

saya rasa tujuan nya juga sama cuma beda cara saja , saya mencoba memanfaatkan crypto sebagai aset digital berupa investasi dan kalau investasi sudah mencukupi buat modal trading ya akan saya tradingkan dan hasil trading akan mencoba membuat aset baru di dunia nyata. kalau hanya di simpan berupa uang akan habis juga .apalagi kebutuhan tiap hari meningkat.

jadi crypto ini sangat layak untuk di jadikan aset masa depan dan memanfaatkan aset tersebut juga. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 22/07/2019 at 16:35, arya99 said:

menurut saya crypto itu sangat layak menjadi aset digital masa depan, apalagi bagi saya yang tinggal di kota besar agak susah untuk berinvestasi di dunia nyata. lebih baik saya jadikan sebagai aset investasi.kalau sudah banyak mungkin bisa buat membuat aset di dunia nyata  juga misalnya buat beli kambing atau anak sapi dan di pelihara di kampung di titipkan sama keluarga atau saudara. saya rasa cukup modal 5 jutaan. atau di belikan bibit seperti pohon jati.semua hasil dari crypto.itu baru tahap rencana dahulu.kalau sekarang baru mengumpulkan pundi pundi crypto saja.

Luar biasa ini planningnya agan arya. Sepertinya memang semua jenis investasi yang sudah agan rencanakan sudah di persiapkan dengan sangat matang ya. Sekarang tinggal di kumpulkan saja modalnya perlahan-perlahan. Jadi rencana agan nanti kalau crypto sendiri sebagai asset sistemnya apakah agan hold lama atau pendek?

Share this post


Link to post
Share on other sites
15 minutes ago, akmal1984 said:

Luar biasa ini planningnya agan arya. Sepertinya memang semua jenis investasi yang sudah agan rencanakan sudah di persiapkan dengan sangat matang ya. Sekarang tinggal di kumpulkan saja modalnya perlahan-perlahan. Jadi rencana agan nanti kalau crypto sendiri sebagai asset sistemnya apakah agan hold lama atau pendek?

Masalah hold lihat situasi dan kondisi harga nya berapa. Cuma buat Bitcoin akan mencoba hold dan jual saat harga nya naik turun. Kalau buat koin lain seperti dogecoin akan saya hold jangka panjang sampai target trading tercapai. Akan tetapi kalau harga nya melonjak ya saya jual. Dan akan beli saat turun karena dogecoin memang rencana buat trading.

Share this post


Link to post
Share on other sites
23 hours ago, arya99 said:

saya rasa tujuan nya juga sama cuma beda cara saja , saya mencoba memanfaatkan crypto sebagai aset digital berupa investasi dan kalau investasi sudah mencukupi buat modal trading ya akan saya tradingkan dan hasil trading akan mencoba membuat aset baru di dunia nyata. kalau hanya di simpan berupa uang akan habis juga .apalagi kebutuhan tiap hari meningkat.

jadi crypto ini sangat layak untuk di jadikan aset masa depan dan memanfaatkan aset tersebut juga. 

Saya tidak di trading gan sih tapi kalau dapet hasil kemenang yang didapet dari primedice sih biasanya saya hold sebentar dulu dicrypto habis itu di wd ke idr dan dijadikan emas xDga tahan liat balance di crypto suka pengen depo ke pd jadi buru buru wd aja.

Tapi crypto ini masih layak untuk asset masa depan gan dan perjalannya masih panjang

Share this post


Link to post
Share on other sites
14 hours ago, arya99 said:

Masalah hold lihat situasi dan kondisi harga nya berapa. Cuma buat Bitcoin akan mencoba hold dan jual saat harga nya naik turun. Kalau buat koin lain seperti dogecoin akan saya hold jangka panjang sampai target trading tercapai. Akan tetapi kalau harga nya melonjak ya saya jual. Dan akan beli saat turun karena dogecoin memang rencana buat trading.

Berarti bitcoin lebih dinamis ya cara agan arya untuk holdnya..Iya juga sebenarnya karena harganya sendiri bergerak lebih cepat dibandingkan crypto yang lain.Itu target trading agan arya sendiri berapa minimalnya? Berarti ada 2 cara selama ini agan arya dalam menjadikan crypto sebagai asset ya

Share this post


Link to post
Share on other sites
5 hours ago, akmal1984 said:

Berarti bitcoin lebih dinamis ya cara agan arya untuk holdnya..Iya juga sebenarnya karena harganya sendiri bergerak lebih cepat dibandingkan crypto yang lain.Itu target trading agan arya sendiri berapa minimalnya? Berarti ada 2 cara selama ini agan arya dalam menjadikan crypto sebagai asset ya

Kalau buat bitcoin sendiri sih lebih ke trading jangka pendek atau hold nya sebentar saja. Karena masih banyak kebutuhan sehari hari yang harus di penuhi.selama kita tidak membeli nya tidak masalah di jual di harga berapa saja ,syukur dapat harga yang agak tinggi.

Tidak ada target buat trading karena memang modal buat trading nya belum ada. Kalau niat trading betul sih antara 5-10 juta sudah lumayan bagus modal segitu.untuk awal mulai trading. Dan khusus buat 2 koin saja atau 1 koin saja.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 22/07/2019 at 12:40, dikarico said:

agak kurang setuju juga sih gan kalo nanti dijadikan alat pembayaran, karena tidak adanya kejelasan dalam nilai nya yang selalu berubah bisa naik dan turun dikarenakan berbagai hal jadi untuk di indonesia seperitnya lebih baik IDR tetap jadi mata uang, tapi entah untuk di luar negeri karena perkembangan teknologi makin pesat bisa jadi btc atau kripto lain yang bisa menjadi alat pembayaran seperti yang telah berjalan di sebuah cafe di paris

Kalo untuk investasi sendiri, kayaknya banyak yang bilang crypto tidak cocok untuk jadi aset / investasi masa depan karena hal yang sudah agan katakan bahwa harga bsia berubah naik dan turun. apakah kalau agan punya modal besar agan mau untuk invest aset dalam jangka panjang pada crypto?

Share this post


Link to post
Share on other sites
7 hours ago, davincuy said:

Kalo untuk investasi sendiri, kayaknya banyak yang bilang crypto tidak cocok untuk jadi aset / investasi masa depan karena hal yang sudah agan katakan bahwa harga bsia berubah naik dan turun. apakah kalau agan punya modal besar agan mau untuk invest aset dalam jangka panjang pada crypto?

menurut saya sih sangat cocok buat investasi masa depan dengan menggabungkan investasi dan trading crypto sekaligus. kalau hanya investasi dan di buka 1 atau 2 tahun lagi tanpa melihat harga ya tidak bagus juga. misal beli bitcoin 140 juta kita diamkan selama 2 tahun dan ternyata harga malah turun jadi 100 juta. kita rugi donk. akan tetapi dalam kurun waktu 2 tahun kita pantau harga kan bisa kita jual saat harga naik seperti kemaren yang sempat 199 juta.pastinya untung.

Share this post


Link to post
Share on other sites
10 hours ago, davincuy said:

Kalo untuk investasi sendiri, kayaknya banyak yang bilang crypto tidak cocok untuk jadi aset / investasi masa depan karena hal yang sudah agan katakan bahwa harga bsia berubah naik dan turun. apakah kalau agan punya modal besar agan mau untuk invest aset dalam jangka panjang pada crypto?

ane pikir banyak yang melihat dari satu sisi saja mengapa mereka bilang kripto tidak cocok untuk aset masa depan, 1 tahun yang lalu ane sempet sempet mau jual beberapa aset kripto karena agak pesismis dengan harga jual di bawah 70 jt tapi ane gak lakuin karena cuma punya niat ini adalah aset dan pasti akan berkembang dan ternyata di tahun ini kripto (BTC) menyentuh sempat di angka 180 jt, fluktuasi nya memang tidak menentu. di titik tertinggi ane akan jual dan beli lagi beberpa dengan prosentase 40:60 beli dan jual di sisanya :) dan itu tetap menguntungkan sampai sekarang 

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 26/07/2019 at 12:50, dikarico said:

ane pikir banyak yang melihat dari satu sisi saja mengapa mereka bilang kripto tidak cocok untuk aset masa depan, 1 tahun yang lalu ane sempet sempet mau jual beberapa aset kripto karena agak pesismis dengan harga jual di bawah 70 jt tapi ane gak lakuin karena cuma punya niat ini adalah aset dan pasti akan berkembang dan ternyata di tahun ini kripto (BTC) menyentuh sempat di angka 180 jt, fluktuasi nya memang tidak menentu. di titik tertinggi ane akan jual dan beli lagi beberpa dengan prosentase 40:60 beli dan jual di sisanya :) dan itu tetap menguntungkan sampai sekarang 

ya harus begitu Gan Dika, crypto itu tidak bisa hanya kita beli dan diamkan saja selama 1 atau 2 tahun , tanpa kita selingi dengan trading juga. iya kalau 1 atau 2 tahun harga nya naik tidak jadi masalah kalau turun. bisa nangis bombay .hilang aset bisa di atas 50% lebih kalau kita diamkan saja . kalau seperti yang Agan Dika lakukan sudah benar. jadi ada perpaduan antara investasi dan trading.

tidak butuh lama kok cuma buat pantau harga saja cukup 1 menit saja sudah bisa pantau harga. kalau saya menggunakan bot telegram untuk cek harga.jadi menurut saya Crypto sangat layak untuk investasi masa depan dan kita juga harus cerdas juga.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 25/07/2019 at 14:21, arya99 said:

Kalau buat bitcoin sendiri sih lebih ke trading jangka pendek atau hold nya sebentar saja. Karena masih banyak kebutuhan sehari hari yang harus di penuhi.selama kita tidak membeli nya tidak masalah di jual di harga berapa saja ,syukur dapat harga yang agak tinggi.

Tidak ada target buat trading karena memang modal buat trading nya belum ada. Kalau niat trading betul sih antara 5-10 juta sudah lumayan bagus modal segitu.untuk awal mulai trading. Dan khusus buat 2 koin saja atau 1 koin saja.

Iya sama persis seperti saya. Selama ini apalagi dalam tahun ini, saya paling lama itu sanggop tahan bitcoin untuk tidak di jual dulu hanya 1 bulan paling lama. Malah jarang waktu segitu lebih sering 2 atau 3 minggu. Padahal kalau di hitung-hitung misalnya dari awal tahun di hold sampai sekarang dijadikan asset 6 bulan, mungkin sudah dapat lebih banyak hasilnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 minutes ago, akmal1984 said:

Iya sama persis seperti saya. Selama ini apalagi dalam tahun ini, saya paling lama itu sanggop tahan bitcoin untuk tidak di jual dulu hanya 1 bulan paling lama. Malah jarang waktu segitu lebih sering 2 atau 3 minggu. Padahal kalau di hitung-hitung misalnya dari awal tahun di hold sampai sekarang dijadikan asset 6 bulan, mungkin sudah dapat lebih banyak hasilnya.

ya memang begitu , kadang masih kalah sama keadaan dan kebutuhan hidup yang harus di penuhi, makanya sekarang mulai membangun aset crypto saya dengan mengumpulkan Dogecoin sebagai modal trading dan akan saya hold selama 3 bulan sambil saya tradingkan juga.apalagi sekarang market merah saatnya belanja crypto .

menurut saya crytpo sangat layak menjadi aset masa depan bagi saya pribadi,sebab keterbatasan dana untuk membangun aset real juga . makanya untuk sementara saya jadikan crypto sebagai aset saya. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, arya99 said:

ya memang begitu , kadang masih kalah sama keadaan dan kebutuhan hidup yang harus di penuhi, makanya sekarang mulai membangun aset crypto saya dengan mengumpulkan Dogecoin sebagai modal trading dan akan saya hold selama 3 bulan sambil saya tradingkan juga.apalagi sekarang market merah saatnya belanja crypto .

menurut saya crytpo sangat layak menjadi aset masa depan bagi saya pribadi,sebab keterbatasan dana untuk membangun aset real juga . makanya untuk sementara saya jadikan crypto sebagai aset saya. 

Iya kelebihannya crypto ya kita tetap bisa bermain asset walaupun dengan modal yang sangat terbatas. Coba di dunia real , mau terjun ke dunia asset bidang apa coba kalau modalnya di bawah 1 juta rupiah. Pasti sangat kesulitan kita untuk menemukannya ya agan arya. Mau investasi juga di dunia real pasti enggak dapat apa2 kalau cuman modal 1 juta

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 27/07/2019 at 14:17, arya99 said:

ya harus begitu Gan Dika, crypto itu tidak bisa hanya kita beli dan diamkan saja selama 1 atau 2 tahun , tanpa kita selingi dengan trading juga. iya kalau 1 atau 2 tahun harga nya naik tidak jadi masalah kalau turun. bisa nangis bombay .hilang aset bisa di atas 50% lebih kalau kita diamkan saja . kalau seperti yang Agan Dika lakukan sudah benar. jadi ada perpaduan antara investasi dan trading.

tidak butuh lama kok cuma buat pantau harga saja cukup 1 menit saja sudah bisa pantau harga. kalau saya menggunakan bot telegram untuk cek harga.jadi menurut saya Crypto sangat layak untuk investasi masa depan dan kita juga harus cerdas juga.

haha nangis bombai kayae agak lebay ya gan xD kalau dari ane sendiri merugi itu jelas akan ane dapat karena tiap jam pasti berubah juga kan harga, misalkan pas kita jual harga 100jt eh ternyata besok atau beberapa jam malah jadi 120 jt kan rugi juga, tapi gpp karena teknik yang ane pake 40:60 jual yang 60% masih ada sisa 40% yang bisa dijual saat harga melabung tinggi 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×