Jump to content
pagut

KENAPA BITCOIN DILARANG MENJADI ALAT TUKAR DI INDONESIA

Recommended Posts

agan-agan sekalian, setelah beberapa hari yang lalu ane membuat topik yang sedikit lari dari jalur (tujuannya hanya sekedar untuk menyegarkan otak agan-agan)

kali ini ane membahas yang sesuai topik lah ya :D

seiring berkembangnya zaman, beberapa negara didunia telah melegalkan bitcoin sebagai alat tukar, diantaranya adalah Amerika Serikat, Jepang, Denmark, Rusia, Finlandia dan mungkin skrng sudah bertambah dibeberapa negara.

pertanyaan segabai orang Indonesia adalah, mengapa di Indonesia bitcoin dilarang??

dari berita yang ane dapat, alasan kenapa bitcoin dilarang diindonesia adalah karena 

BitCoin bisa diretas sewaktu-waktu, 

Sistem keamanan dompet virtual bitcoin memang dianggap nyaris sempurna, tapi bukan berarti gak punya celah. Saat membuka akun, pengguna akan mendapatkan baris kode khusus sebagai kunci rahasia. Kode ini bisa disimpan dalam dompet digital yang bisa diakses lewat smartphone, PC, atau laptop. 

Tapi kalau dompet digital ini hilang, diretas, atau terkena serangan malware, semua bitcoin yang kamu punya akan hilang untuk selamanya, tanpa memungkinkan restorasi.

Bitcoin bisa disandingkan dengan penipuan berkedok MLM

Nilai tukar bitcoin memang terus melambung, tapi sayang jumlahnya terbatas. Hanya ada 21 juta bitcoin yang harus diperebutkan para pengguna di seluruh dunia. Belum lagi bitcoin hanya bisa didapat dengan memecahkan kode matematika rumit yang tidak bisa dilakukan langsung oleh manusia.

Karena itulah, para penambang bisa dengan mudah menjual bitcoin dengan harga mahal kepada mereka yang tergiur investasi virtual. Apalagi banyak beredar cerita tentang seseorang yang berhasil melipatgandakan bitcoin yang ia beli beberapa tahun lalu.

Bahkan, Kementerian Keuangan India menyebut  bitcoin sebagai skema ponzi. Artinya modus investasi palsu yang menjanjikan keuntungan berlipat.

Skema ponzi sering ada dalam kasus penipuan berkedok MLM. Keuntungan yang didapatkan investor sebenarnya uang orang lain yang baru berinvestasi, bukan keuntungan dari pengelolaan bisnis atau usaha seperti yang dijanjikan. 

Hal ini punya kemiripan dengan rantai investasi bitcoin. Dengan jumlah bitcoin yang terbatas, setiap pemilik uang virtual akan menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. Sedangkan, si pembeli lain adalah pemain baru dalam dunia investasi bitcoin yang juga akan menjual uangnya di kemudian hari. 

Tak hanya Indonesia, banyak negara yang juga mencoret bitcoin dari daftar transaksi legal. Di antaranya Rusia, Ekuador, Bangladesh, Colombia, Thailand, India, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan, China dan Korea Selatan yang awalnya terbuka dengan konsep ini, juga mengeluarkan larangan serupa.

 

(Sumber idntimes)

 

NB: JIKA KELAK ANE JADI MENKEU, MAKA ANE AKAN LEGALKAN BITCOIN DAN TEMAN-TEMANNYA DI INDONESIA TERCINYA INI :D

 

Edited by pagut

Share this post


Link to post
Share on other sites
15 minutes ago, davincuy said:

Waduh setau ane bukannya ga dilarang ya? 

kalo dilarang mah kita gabisa akses dong dan indodax ga ada xD 

haha,, maksudnya dilaranag untuk menjadi legal sebagai alat tukar pak,,,, hahhahhaha

Share this post


Link to post
Share on other sites
6 minutes ago, pagut said:

haha,, maksudnya dilaranag untuk menjadi legal sebagai alat tukar pak,,,, hahhahhaha

Owalah wkkwkwkw iya kalo itu emang belom boleh alat tuker pembayaran yg sah di indo xD wkwkwk

kirain dilarang gaboleh main BTC :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
Just now, davincuy said:

Owalah wkkwkwkw iya kalo itu emang belom boleh alat tuker pembayaran yg sah di indo xD wkwkwk

kirain dilarang gaboleh main BTC :D

mainnya boleh,, dilarang sebagai alat tukar artinya ketika kita kehilangan BTC kita tidak bisa protes kemana2.. 

beda klo kita simpen rupiah dibank, ada jaminan bahwa uang kita tidak akan hilang didalam :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, pagut said:

mainnya boleh,, dilarang sebagai alat tukar artinya ketika kita kehilangan BTC kita tidak bisa protes kemana2.. 

beda klo kita simpen rupiah dibank, ada jaminan bahwa uang kita tidak akan hilang didalam :D

Kalo kehilangan BTC di PD alias busted  protes nya sama siapa  pagut ? :) wkwkwkwkwkwk

Share this post


Link to post
Share on other sites
10 minutes ago, davincuy said:

Kalo kehilangan BTC di PD alias busted  protes nya sama siapa  pagut ? :) wkwkwkwkwkwk

protes lah kepada diri sendiri,, ato cari siapa kek gitu buat disalahin,,, akakakakakak

Share this post


Link to post
Share on other sites
10 minutes ago, roomfirst said:

Betul, lagian bukan hanya di indonesia. Banyak negara2 diluar sana juga tidak menyutujui bitcoin sebagai alat tukar yang resmi.

iya yang ditakutkan oleh negara adalah alat tukar berupa kertas (uang) jadi menurun hargnya

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 minutes ago, roomfirst said:

Sepertinya itu tidak akan terjadi gan, penggunaan rupiah uang kertas/koin masih diutamakan.

maksud saya kalau semua transaksi pakai blockchain pasti rupiah jarang yang pake buat transaksi.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, roomfirst said:

Betul, lagian bukan hanya di indonesia. Banyak negara2 diluar sana juga tidak menyutujui bitcoin sebagai alat tukar yang resmi.

tapi dari yang ane baca, korea selatan yang paling ga konsisten,, awalnya sangat setuju dengan bitcoin, eh blakangan malah buat peraturan dilarang jadi alat tukar juga,, :D

 

15 minutes ago, raviki99 said:

nah kalau ini baru mantep gan :D mendukung banget saya 

mari kita doakan, biar ke bni, mandiri, dll bisa setor bitcoin,, :D

 

1 hour ago, raviki99 said:

bukan dilarang sih lebih tepatnya belum ada pyung hukum yang mengaturnya

sebenernya payung hukum akan langsung ada klo pemerintah sudah menyetujuinya,, tpi karna pemerintah tidak setuju jadi kemungkinan besar payung hukum itu tidak akan pernah dibuat :)

1 hour ago, roomfirst said:

Kalau menurut saya karena belom ada regulasinya alias peraturan tentang bitcoin, jadinya agak berbahaya juga,

klo dari yang saya tangkap sih, pemerintah belum melegalkan karena dianggap berbahaya salah satunya adalah karena bisa hilang (dihack) nya itu tadi pak :d

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
17 minutes ago, raviki99 said:

nah kalau ini baru mantep gan :D mendukung banget saya 

Ya semoga aja itu terjadi gan :D 

2 minutes ago, pagut said:

tapi dari yang ane baca, korea selatan yang paling ga konsisten,, awalnya sangat setuju dengan bitcoin, eh blakangan malah buat peraturan dilarang jadi alat tukar juga,, :D

 

mari kita doakan, biar ke bni, mandiri, dll bisa setor bitcoin,, :D

 

Kurang tau deh kalau di korea, tapi emang pernah denger sih di korea sana cukup diterima.

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 minute ago, roomfirst said:

Ya semoga aja itu terjadi gan :D 

Kurang tau deh kalau di korea, tapi emang pernah denger sih di korea sana cukup diterima.

artikel terahir yang ane baca sih katanya korsel uda melarang juga pak,, tpi belum terlalu banyak sih baca artikelnya, jadi blum bisa mastiin apakah negara K-POP itu melegalkan bitcoin sebagai alat tukar atau tidak :D

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 minutes ago, pagut said:

artikel terahir yang ane baca sih katanya korsel uda melarang juga pak,, tpi belum terlalu banyak sih baca artikelnya, jadi blum bisa mastiin apakah negara K-POP itu melegalkan bitcoin sebagai alat tukar atau tidak :D

 

Negara kpop xD, untuk melegalkan bitcoin belom gan. tapi ane lihat ada exchange crypto di korea situ dan diperbolehkan.

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 minute ago, roomfirst said:

Negara kpop xD, untuk melegalkan bitcoin belom gan. tapi ane lihat ada exchange crypto di korea situ dan diperbolehkan.

bener pak, itu karena diawal mereka sudah setuju melegalkan bitcoin, eh tiba2 diumumkan jadi illegal..

mungkin dibisikin sama kim jong un, waktu pemimpin korsel dan korut ktemuan ngopi bareng,, hahahahh

kim jong un kesel karna kena skem mulu,.. wkwkwkkwkwkw

Share this post


Link to post
Share on other sites
15 minutes ago, Noeprellik1 said:

Barangkali karena nilainya yg masih sangat fluktuatif jadi belum bisa dijadikan alt tukar

termasuk itu sih alasannya mnurut ane juga,, tpi yang paling ditekankan pemerintah Indonesia adalah faktor keamanannya gan :D

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 hours ago, roomfirst said:

Kalau menurut saya karena belom ada regulasinya alias peraturan tentang bitcoin, jadinya agak berbahaya juga,

Nah ini juga yg betul.. makanya lebih banyakan orang yg invest dan trading tuh di Forex, atau platform trading perusahaan2 yg real asli masuk ke OJK

Share this post


Link to post
Share on other sites
36 minutes ago, Noeprellik1 said:

Barangkali karena nilainya yg masih sangat fluktuatif jadi belum bisa dijadikan alt tukar

Itu salah satunya juga. Rate bitcoin yang naik turun, kalau agan jadi penjual yang terima bitcoin pasti ribet juga tuh, harganya beda2 tiap hari.

Share this post


Link to post
Share on other sites
Just now, roomfirst said:

Itu salah satunya juga. Rate bitcoin yang naik turun, kalau agan jadi penjual yang terima bitcoin pasti ribet juga tuh, harganya beda2 tiap hari.

Iyasih.. wkwkwk tapi enakan kek gini keknya.. daripada pemerintah ikut campur

nanti ada pajak pajak segala lagi, belom bayar fee trading kalo instant buy nya 0,3 % wkwk

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

×