Jump to content
SEMPAXs

Apa itu Plagiat?

Recommended Posts

Dari kamus besar bahas indonesia, plagiat di artikan seperti ini:

plagiat/pla·gi·at/  pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri.

Plagiarisme berasal dari bahasa Latin "plagiare" yang artinya mencuri. Plagiarisme secara definisi dapat diartikan sebagai "tindakan menyerahkan (submitting) atau menyajikan (presenting) ide atau kata/ kalimat orang lain tanpa menyebut sumbernya" (Sastroasmoro, 2007).

Pasal 44 Undang-Undang Hak Cipta membuat rumusan secara negatif dengan kata-kata sebagai berikut: “Penggunaan, pengambilan, penggandaan, dan/atau pengubahan suatu ciptaan dan/atau produk hak terkait secara seluruh atau sebagian yang substansial tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta jika sumbernya disebutkan atau dicantumkan secara lengkap untuk keperluan: (a) pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pencipta atau pemegang hak cipta; (b) dst…” Rumusan Pasal 44 huruf a ini perlu dicermati. Dari bunyi ketentuan tersebut jelas, bahwa syarat mencantumkan sumber adalah sebuah syarat mutlak untuk dapat terbebas dari tindak pelanggaran. Artinya, jika tidak dicantumkan sumbernya, pasal ini otomatis mengkategorikan tindakan itu sebagai pelanggaran hak cipta, sekalipun dalam sanksi pidana tidak disebut-sebut secara eksplisit tentang ancaman sanksi jika terjadi pelanggaran atas Pasal 44 Undang-Undang Hak Cipta.

 

Apa sih susahnya menyematkan sumber berita? :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
6 hours ago, davincuy said:

Ini harusnya di post di forum sebelah pax xD 

biar nyindir yang ono tuh

oh ini toh yang lagi rame :D

ane pernah kok negur gara gara sama judulnya,jadi ane suruh bedain judulnya aja :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
6 minutes ago, kathokmlorot said:

wakwau... hati2 ah ane ngeri sm yg satu ini... karena pasal itu, temen2 yg banyak di wartamedia, sampe kemana aja mereka akan ngejar yang namanya plagiat, semoga tidak terjadi disini, bisa2 akses situs ini dututup sm kominfo... salam warta... n salam opit....

Kalo ditutup sama kominfo kita gabakal dapet janda lagi dong :( jgn sampe deh itu terjadi

Share this post


Link to post
Share on other sites
Just now, davincuy said:

Kalo ditutup sama kominfo kita gabakal dapet janda lagi dong :( jgn sampe deh itu terjadi

semoga maslhnya gak meluas aja... sekedar info gan, gak sedikit wartaone yg berkeliaran ikutan situs model ginian apalagi yang berbau forum, mereka biasanya sering nognkrong.... hrs tetap kepala dingin jangan emosi.. ikutin aturan main... makanya pihak forum bener memperketat aturan main agar siitus mereka tidak kehilangan penggunanya...

sebenarnya kalau urusan janda, diluaran sana masih banyak janda2 yang tidk terurus dengan baik... tapi kebanyakan janda sekem... hahaha:D

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 hours ago, kathokmlorot said:

semoga maslhnya gak meluas aja... sekedar info gan, gak sedikit wartaone yg berkeliaran ikutan situs model ginian apalagi yang berbau forum, mereka biasanya sering nognkrong.... hrs tetap kepala dingin jangan emosi.. ikutin aturan main... makanya pihak forum bener memperketat aturan main agar siitus mereka tidak kehilangan penggunanya...

sebenarnya kalau urusan janda, diluaran sana masih banyak janda2 yang tidk terurus dengan baik... tapi kebanyakan janda sekem... hahaha:D

Hmm ya sih makanya ikutin aja deh peraturan forum biar aman

gw termasuk yg lama sama si @SEMPAXs disini kwwk

Edited by davincuy

Share this post


Link to post
Share on other sites
13 minutes ago, kathokmlorot said:

semoga maslhnya gak meluas aja... sekedar info gan, gak sedikit wartaone yg berkeliaran ikutan situs model ginian apalagi yang berbau forum, mereka biasanya sering nognkrong.... hrs tetap kepala dingin jangan emosi.. ikutin aturan main... makanya pihak forum bener memperketat aturan main agar siitus mereka tidak kehilangan penggunanya...

sebenarnya kalau urusan janda, diluaran sana masih banyak janda2 yang tidk terurus dengan baik... tapi kebanyakan janda sekem... hahaha:D

bagus nih infonya , makasih udah ngasih tau,jadi bisa hati hati nih dlam berforum

Share this post


Link to post
Share on other sites
13 hours ago, davincuy said:

Mantap bang pax :D emang ga salah dah lu jadi wartawan senior wkkw

 

5 hours ago, kathokmlorot said:

wakwau... hati2 ah ane ngeri sm yg satu ini... karena pasal itu, temen2 yg banyak di wartamedia, sampe kemana aja mereka akan ngejar yang namanya plagiat, semoga tidak terjadi disini, bisa2 akses situs ini dututup sm kominfo... salam warta... n salam opit....

@davincuy masih junior :D 

@kathokmlorot gak sampai ke arah sana lah, dan semoga rukun disini, saling mengisi, saling mengingatkan bertukar informasi.B|

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 25/10/2018 at 01:04, SEMPAXs said:

Dari kamus besar bahas indonesia, plagiat di artikan seperti ini:

plagiat/pla·gi·at/  pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri.

Plagiarisme berasal dari bahasa Latin "plagiare" yang artinya mencuri. Plagiarisme secara definisi dapat diartikan sebagai "tindakan menyerahkan (submitting) atau menyajikan (presenting) ide atau kata/ kalimat orang lain tanpa menyebut sumbernya" (Sastroasmoro, 2007).

Pasal 44 Undang-Undang Hak Cipta membuat rumusan secara negatif dengan kata-kata sebagai berikut: “Penggunaan, pengambilan, penggandaan, dan/atau pengubahan suatu ciptaan dan/atau produk hak terkait secara seluruh atau sebagian yang substansial tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta jika sumbernya disebutkan atau dicantumkan secara lengkap untuk keperluan: (a) pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pencipta atau pemegang hak cipta; (b) dst…” Rumusan Pasal 44 huruf a ini perlu dicermati. Dari bunyi ketentuan tersebut jelas, bahwa syarat mencantumkan sumber adalah sebuah syarat mutlak untuk dapat terbebas dari tindak pelanggaran. Artinya, jika tidak dicantumkan sumbernya, pasal ini otomatis mengkategorikan tindakan itu sebagai pelanggaran hak cipta, sekalipun dalam sanksi pidana tidak disebut-sebut secara eksplisit tentang ancaman sanksi jika terjadi pelanggaran atas Pasal 44 Undang-Undang Hak Cipta.

 

Apa sih susahnya menyematkan sumber berita? :D

Benar sekali mengenai Bahayanya plagiat :D , Hati hati sama wartawan yang membahas tentang judi . Bisajadi ditutup ini site 😢 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

×